Mengenal Glukosamin, Pelumas Bagi Persendian Kita

DokterSehat.Com – Kita kerap kali hanya berpikir tentang tulang dan otot jika berpikir tentang postur tubuh dan bagaimana tubuh kita mampu bergerak. Padahal, persendian juga memiliki peran penting pada hal ini. Bayangkan, tanpa persendian, kita tentu akan kesulitan untuk melakukan banyak hal dari yang sederhana layaknya menggerakkan jari atau bahkan yang rumit layaknya berlari. Dengan adanya persendian, gerakan tubuh kita menjadi lebih lentur sehingga memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal.

doktersehat-nyeri-sendi-gangguan-autoimun

Karena adanya alasan inilah ada baiknya kita menjaga kesehatan persendian kita mengingat di area inilah tulang-tulang kita saling berkaitan dan tidak terlepas saat kita melakukan gerakan. Biasanya, di dalam persendian akan ditemukan semacam jaringan tulang lunak atau juga yang disebut sebagai tulang rawan. Tulang rawan inilah yang memiliki fungsi layaknya bantalan sehingga tulang-tulang yang bertemu ini tidak saling bergesekan atau berpukulan.

Di dalam persendian kita juga akan menemukan sebuah zat yang memiliki peran besar dalam membentuk jaringan dari tulang rawan ini. Pakar kesehatan menyebutkan jaringan ini sebagai glukosamin. Glukosamin sendiri bisa dijelaskan sebagai komponen gula amino yang diproduksi oleh tubuh manusia dan mudah ditemukan pada organ hati, ginjal, dan tentu saja tulang rawan. Glukosamin ini mampu menyerap air sekaligus mengembang dengan baik sehingga bisa membuat bantalan yang melindungi tulang-tulang dengan baik.

Sayangnya, glukosamin ini cenderung mengalami penurunan atau penipisan seiring dengan bertambahnya usia. Jika hal ini terjadi, maka kita tentu akan beresiko mengalami masalah layaknya osteoarthritis atau pengapuran sendi dimana tulang bisa saling bergesekan dan akan menimbulkan rasa sangat nyeri jika kita menggerakkan anggota badan. Karena alasan inilah ada baiknya kita menjaga kesehatan persendian dengan baik untuk meminimalisir penurunan glukosamin dan tulang rawan pada persendian.