Mengenal Gejala Varises

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu mengharapkan tampilan tubuhnya berada dalam kondisi yang paling maksimal sehingga bisa mendapatkan kepercayaan diri. Untuk mendapatkannya, kita bisa memperhatikan penampilan rambut, kesehatan kulit, hingga berat badan yang ideal. Namun, tahukah anda, ada sebuah masalah pada kaki yang bisa membuat kepercayaan diri runtuh begitu saja. Masalah ini adalah varises. Dengan kaki yang penuh denga varises, apalagi pada wanita, maka wanita pun tidak akan lagi percaya diri memakai celana atau rok yang pendek. Sebenarnya, apakah penyebab dari varises ini?

doktersehat-varises

Secara medis sendiri varises disebabkan oleh adanya kelainan katup yang terjadi pada pembuluh vena sehingga pembuluh yang membawa darah dari bagian bawah tubuh kembali ke jantung ini akan mengalami penampilan di permukaan kulit. Secara umum, varises akan memberikan masalah besar pada penampilan betis, namun, banyak orang yang mengaku jika kaki mereka akan cukup sering merasa nyeri, rasa tidak nyaman, hingga pembengkakan pada area betis. Hal ini disebabkan oleh kemampuan dan keelastisan dinding pembuluh vena yang semakin menurun sehingga kemampuan mengembalikan darah ke jantung pun semakin menurun. Hal ini tentu tidak bisa disepelekan begitu saja.

Gejala umum dari varises sendiri adalah dengan adanya pembuluh darah vena yang terlihat jelas pada kulit, khususnya pada area betis. Warna dari pembuluh darah ini pun biasanya berupa kebiruan dengan ukuran yang cukup lebar dan juga berkelok-kelok sehingga akan merusak kecantikan kaki kita. Dalam beberapa kasus, varises juga bisa menyebabkan pembengkakan atau bahkan munculnya borok pada pergelangan kaki.

Varises sendiri bisa diobati dengan cara memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan obat atau terapi yang tepat. Namun, terdapat pula cara alamiah mengatasi varises dengan cara cuka apel yang diyakini mampu membuat pembengkakan pembuluh darah mereda. Dengan membalurkan cuka apel pada kaki yang mengalami varises pada pagi dan sore hari secara rutin, kita bisa membuat masalah varises ini mereda.