informasi kesehatan


Mengenal Gejala Hamil Anggur

Mengenal Gejala Hamil Anggur

            

DokterSehat.com – Hamil merupakan sesuatu yang tidak bisa dibayangkan yang ditungu-tunggu oleh sebagian besar pasangan muda yang baru menikah karena tanpa kehadiran hamil pasangan akan terasa kurang sempurna. kebutuhan ini merupakan kebutuhan psikologis bagi ibu dan pasangannya. Hamil anggur merupakan Tumor Jinak Berbentuk Gerombolan Buah Anggur. HAMIL dan anggur, adalah dua kata yang menjadi kebahagiaan dan berkah bagi manusia. Namun, jika menjadi satu untaian kata, hamil anggur, justru menjadi petaka bagi para calon orang tua. Dokter umum Agustining Rahayu mengatakan, hamil anggur adalah kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terjadi sebagai akibat kegagalan pembentukan bakal janin, sehingga terbentuk jaringan permukaan membran mirip gerombolan buah anggur.

“Hamil anggur sepintas lalu seperti hamil biasa, tapi isinya bukan janin, melainkan gelembung-gelembung mola. Kadang-kadang ada juga yang isinya gelembung mola tetapi masih ada janin. Pada keadaan ini, biasanya janin tidak bisa dipertahankan dan mengalami keguguran,” terang wanita yang akrab disapa dr Ayu ini.

Dia menjelaskan, istilah medis hamil anggur adalah Mola Hidatidosa, yakni kehamilan yang tidak normal, di mana sel telur yang telah dibuahi tidak tumbuh dan membelah sebagaimana mestinya.

Pada hamil anggur, jelasnya, sel telur yang telah dibuahi tumbuh secara “liar” dan cepat sehingga hanya terbentuk gerombolan gelembung-gelembung yang menyerupai buah anggur. Pada kehamilan anggur ini, perut wanita terlihat lebih besar dibanding dengan usia kehamilannya.

“Janin yang dikandung biasanya tidak mampu bertahan hidup, namun gelembung-gelembungtersebut terus saja membesar, tumbuh terus sehingga tampak seperti gerombolan buah anggur. Itulah sebabnya mengapa orang awam sering menyebutnya dengan hamil anggur,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, penanganan hamil anggur adalah dengan kuretase. Setelah itu harus dimonitor dan di follow up dengan dengan ketat, karena kehamilan mola bisa berkembang ke arah proses keganasan yang disebut dengan chorio-carcinoma.

Dikatakan, beberapa faktor yang sering dikaitkan sebagai penyebab hamil anggur ini yaitu mutasi genetik (buruknya kualitas sperma atau ovum), kehamilan di mana janin akan mati dan tak berkembang, kekurangan vitamin A, darah tinggi, serta faktor gizi yang kurang baik.

Diperkirakan bahwa faktor-faktor seperti gangguan pada telur, kekurangan gizi pada ibu hamil, dan kelainan rahim berhubungan dengan peningkatan angka kejadian mola. Wanita dengan usia dibawah 20 tahun atau diatas 40 tahun juga berada dalam risiko tinggi. Mengkonsumsi makanan rendah protein, asam folat, dan karoten juga meningkatkan risiko terjadinya mola.

Apakah hamil anggur sama dengan hamil di luar kandungan? Menurut dr Ayu, hamil di luar kandungan terjadi apabila tempat menempel (nidasi) embrio (hasil pembuahan) berada di luar rongga rahim (carum uteri). Biasanya yang paling sering terjadi adalah menempel di saluran tuba atau saluran yang menghubungkan rahim dengan indung telur bagian kanan maupun kiri.

Disebutkan, adapun gejalanya, pada tahap awal adalah seperti kehamilan biasa, yaitu terhentinya haid disusul hasil tes positif pada kehamilan.

“Kondisi hamil di luar kandungan menjadi serius bila kehamilan terganggu, di medis disebut kehamilan ektopik terganggu (KET), umumnya tuba/saluran tempat menempelnya embrio pecah,” ungkap dr Ayu.

Gejalanya adalah nyeri perut yang hebat, disertai pucat karena ada pendarahan di dalam. Pasien cepat jatuh dalam kondisi syok, karena umumnya pendarahan yang terjadi sangat banyak tetapi tidak terlihat dari luar. Pada kondisi seperti, pasien membutuhkan penanganan yang ekstra tepat dan sedini mungkin.

Karena pengertian dan penyebab dari mola masih belum diketahui secara pasti maka kejadian mola hidatidosa sulit untuk dicegah. Bagaimanapun juga, nutrisi ibu yang baik dapat menurunkan risiko terjadinya mola.

Sumber : sobatpc.com

pf button both Mengenal Gejala Hamil Anggur


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

2 Responses to “Mengenal Gejala Hamil Anggur”

  1. ade mashita says:

    saya juga mengalami hamil anggur di kehamilan kedua saya dan saya dikuret sekarang saya sering kontrol kadar Hcg saya semoga kelak bisa hamil lagi :)

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  2. hamidah hasan says:

    Apakah yang pernah mngalami hamil anggur bisa hamil lagi

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0