Mengenal Gejala Endometriosis yang Diderita Oleh Zaskia Sungkar

DokterSehat.Com– Baru-baru ini artis Zaskia Sungkar dikabarkan menjalani operasi di salah satu rumah sakit yang ada di Malaysia karena menderita endometriosis dan fibroid. Penyakit inilah yang disebut-sebut menyebabkan Zaskia dan suaminya, Irwansyah, tak kunjung memiliki momongan meskipun sudah cukup lama menikah. Mengingat wanita memang memiliki resiko untuk terkena penyakit ini, ada baiknya mereka mewaspadai gejala dari endometriosis seperti sebagai berikut.



Photo Credit : Winnetnews

Terasa sakit saat menstruasi
Salah satu gejala paling umum dari endometriosis adalah munculnya rasa sakit saat menstruasi. Memang, sebagian wanita akan cenderung mengalami rasa nyeri yang lebih berat saat menstruasi. Namun, jika rasa nyeri ini sangat tidak biasa atau bahkan bisa membuat wanita terhambat aktifitasnya, ada baiknya segera diperiksakan ke dokter untuk memastikan apakah hal ini benar terkena endometriosis atau tidak.

Terasa sakit saat berhubungan intim
Meskipun memang seks tidak selalu bisa dilakukan dengan nyaman, ada baiknya kita mewaspadai rasa tidak nyaman yang selalu muncul saat berhubungan intim, khususnya sensasi sakit pada organ vital wanita. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh endometriosis yang tentu patut untuk diwaspadai.

Terasa sakit saat buang air kecil
Jika selama fase menstruasi kita merasakan sensasi sakit pada perut bawah saat buang air kecil, maka bisa jadi hal ini adalah gejala dari endometriosis yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Gangguan kesuburan
Endometriosis kerap kali baru bisa dideteksi setelah wanita mengeluhkan kondisi sulit untuk mendapatkan kehamilan pada dokter. Jika anda sudah menikah cukup lama dan tak kunjung mendapatkan keturunan, bisa jadi hal ini disebabkan oleh masalah kesehatan ini dan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikannya.