Mengenal Fungsi Ginjal Lebih Jauh

DokterSehat.Com – Belakangan ini, kita sering mendengar berita tentang banyaknya orang yang merelakan salah satu ginjalnya untuk dijual ke mereka yang membutuhkan transplantasi organ ginjal. Memang, secara logika, kita tetap bisa hidup dengan satu ginjal saja meskipun kita tentu harus menyesuaikan gaya hidup agar menjadi lebih sehat dan aman bagi ginjal. Timbul pertanyaan yang menarik, apakah mereka yang berani menjual organ ginjalnya telah mengetahui fungsi organ ginjal dan resiko jika hanya akan hidup dengan satu buah ginjal saja? Banyak orang yang cenderung mengenal ginjal sebagai organ yang berkaitan dengan aktivitas buang air kecil saja dan tidak mengetahui fungsi utama dari ginjal. Berikut adalah beberapa fungsi dari organ ginjal.

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Ginjal secara harafiah adalah pengumpul dan penyaring sampah pada tubuh manusia. Dengan adanya organ ginjal, darah, cairan tubuh, hingga berbagai cairan tubuh lainnya akan diproses dan membuat tubuh bisa memproduksi air seni, keringat, dan menjaga tubuh kita terbebas dari berbagai racun. Beberapa cairan dalam darah ternyata adalah sisa dari proses metabolisme yang perlu dibuang oleh ginjal. Anda tentu bisa membayangkan jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka darah yang ada dalam tubuh pun bisa sangat kotor dan berpotensi akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Selain berfungsi sebagai penyaring, ginjal juga memproduksi hormon penting dalam darah layaknya Erythropoietin atau EPO, hormon ini akan membuat tulang memproduksi sel darah merah renin yang akan sangat baik dalam mengendalikan tekanan darah. Selain itu, ginjal juga memproduksi vitamin D yang bisa membuat tulang terjaga kesehatannya.

Ginjal akan mengalami masalah kesehatan jika terkena penyakit yang akan membuat fungsi penyaringannya menjadi hilang. Selain menyebabkan luka, tubuh juga akan memiliki banyak racun dalam tubuh. Beberapa penyakit yang bisa memicu kerusakan pada ginjal adalah masalah diabetes, tekanan darah tinggi, hingga penyakit keturunan yang menyerang ginjal. Penyakit diabetes akan mampu meningkatkan kadar gula dalam darah yang sulit untuk diproses oleh ginjal dan menyebabkan masalah diabetic neprhopathi. Sementara itu, jika tekanan darah sangat tinggi, pembuluh darah kecil pada ginjal akan rusak dan ginjal pun akan kesulitan menyaring racun di dalam darah. Penyakit ginjal juga bisa disebabkan karena masalah keturunan atau genetik dimana ginjal akan mengalami kelainan yang membuatnya tidak lagi berfungsi.

Baca Juga:  Mengapa Mata Bayi Bisa Sangat Lengket Saat Bangun Tidur

Ginjal memiliki pengaruh besar dalam menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan terbebas dari racun. Pakar kesehatan bahkan berkata jika andai kita kehilangan 50 persen fungsi ginjal, maka kesehatan tubuh pun bisa terganggu jika kita tidak menyesuaikan gaya hidup kita menjadi lebih sehat. Jadi, kita memang tidak bisa sembarangan mendonorkan organ ginjal kita, bukan?