Mengenal Fungsi Estrogen dan Testosteron

DokterSehat.Com – Jika kita mendengar tentang hormon estrogen dan juga hormon testosteron, maka kita tentu akan berpikir tentang dua buah hormon yang memiliki kaitan erat dengan perbedaan jenis kelamin atau bahkan berhubungan dengan urusan seksualitas. Memang, hormon ini bisa berpengaruh besar dengan meningkatkan libido yang bisa meningkatkan kualitas kehidupan sosial, namun, baik hormon terstosteron dan juga hormon estrogen ternyata memiliki banyak sekali fungsi yang berkaitan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

doktersehat-pasangan-tidur-couple-seks

Kedua hormon ini ternyata memiliki peran yang besar dalam menjaga kesehatan tulang sekaligus otot. Tak percaya? Hormon estrogen ternyata mampu menjaga kesehatan tulang karena hormon ini akan membantu tulang untuk menyerap kalsium dengan lebih efektif. Saat manusia masih di dalam masa pertumbuhan, hormon estrogen biasanya akan berjumlah cukup tinggi dan mampu memicu aktifitas pertumbuhan pada tulang yang disebut sebagai aktifitas osteoblastik. Seiring dengan waktu, hormon estrogen pun akan menurun jumlahnya, khususnya setelah masa menopause sehingga di masa-masa inilah tulang yang tidak mampu menyerap kalsium dengan baik beresiko mendapatkan osteoporosis.

Selain berkaitan erat dengan libido, hormon testosteron ternyata berkaitan erat dengan pembentukan otot dan juga kesehatan kulit. Tanpa adanya hormon ini, kulit manusia akan mudah mengendur, mudah robek, dan mudah mengalami memar-memar. Hormon testosteron juga mampu membuat sistem metabolisme meningkat sehingga ikut berperan besar dalam kondisi berat badan yang ideal.

Hormon testosteron ternyata juga ikut berperan dalam kesehatan mental seseoarng mengingat kemampuannya untuk lebih tenang. Testosteron bisa menjadi dopamin yang merangsang rasa senang sekaligus lebih sigap. Bagi kaum hawa sendiri, hormon testosteron akan berperan besar dalam menjaga suasana hati tetap dalam kondisi baik sehingga Ia pun akan cenderung lebih percaya diri.