Mengenal Fase Penuaan Yang Terjadi Pada Pria

DokterSehat.Com – Banyak pria yang mengalami ketakutan untuk menjadi tua. Dengan semakin bertambahnya usia, pria bisa mengalami perubahan fisik layaknya kecenderungan untuk mendapatkan perut yang lebih membuncit sehingga bisa mengurangi kepercayaan diri. Pria pun harus pandai-pandai melihat fase penuaan yang terjadi pada tubuhnya sehingga bisa mencegah berbagai masalah kesehatan sekaligus menjaga tubuhnya tetap sehat, bugar, dan prima.

doktersehat-konsultasi-orangtua-parkinson

Usia yang paling menyenangkan bagi pria adalah usia duapuluhan. Dalam usia ini, pria biasanya akan terlihat sangat bugar, sehat, dan segar. Sayangnya, pada usia inilah juga pria akan mulai mengalami tanda-tanda penuaan meskipun biasanya belum terlihat dengan jelas. Sebagai contoh, banyak orang pada usia duapuluhan akan mulai mendapatkan uban atau penipisan rambut hingga semakin mudannya merasa lelah saat berolahraga. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat hingga tua, pria pun harus mulai mengatur pola makan yang sehat dan rutin berolahraga semenjak usia duapuluhan ini.

Setelah usia pria berada pada fase tigapuluhan, maka barulah tanda-tanda penuaan mulai terlihat dengan jelas. Garis atau kerutan lembut sudah mulai muncul di area mata dan mulut. Yang menjadi berbahaya adalah, dalam usia ini juga pria akan semakin kesulitan mengendalikan kolesterol tubuh jika sering mengkonsumsi banyak makanan tidak sehat dan jarang berolahraga. Banyak pria yang tentu juga mengkhawatirkan kondisi perutnya yang cenderung semakin mudah membuncit dan bisa semakin parah saat usianya mencapai empat puluhan. Pada usia ini, pria bahkan bisa mengalami penipisan rambut yang semakin parah dan bahkan bisa mengalami gangguan pada penglihatan jika tidak menjaga penglihatannya dengan baik.

Saat pria sudah mencapai usia lima puluhan, pakar kesehatan pun menyebutkan jika usia ini adalah dimana pria sudah mulai menyiapkan masa pensiunnya. Dalam usia ini, sistem imunitas pada tubuh akan semakin menurun bahkan kadar libido juga ikut menurun yang tentu berpengaruh besar pada seksualitasnya. Pada usia ini dan lebih lanjut, maka Ia pun harus lebih pandai-pandai menjaga gaya hidupnya yang semakin sehat meskipun kekuatan dan kelenturan fisiknya semakin menurun. Untuk menjaga tubuh tetap sehat, pakar kesehatan tetap menyarankan pria lanjut usia untuk melakukan olahraga meskipun dalam taraf yang ringan mengingat olahraga rutin akan efektif membuat tubuh tetap sehat dan bugar.