Mengenal Cegukan

DokterSehat.Com – Cegukan adalah salah satu masalah yang hampir pernah dirasakan semua orang. Biasanya, orang akan mengidentikkan cegukan sebagai kondisi dimana tubuh kurang minum sehingga harus diobati dengan meminum air putih. Cegukan sendiri terjadi jika membran otot diafragma diantara dada dan perut mengalami kontraksi dan membuat pita suara tertutup tiba-tiba. Disinilah awal mula dari suara “hik” pada cegukan itu sendiri. Sayangnya, mitos bahwa orang yang cegukan adalah karena kurang minum ternyata tidak benar adanya.

doktersehat-mulut-bau

Cegukan bisa disebabkan karena penderitanya meminum minuman yang panas atau minuman beralkohol dan bersoda. Disamping itu, jika kita makan terlalu cepat atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang cenderung pedas, maka kita bisa menimbulkan cegukan karena saluran pencernaan yang cenderung “kaget”, apalagi jika perut juga dalam kondisi yang kembung. Selain penyebab umum seperti di atas, beberapa gangguan kesehatan seperti pada saluran pernafasan karena asma, gangguan metabolisme layaknya diabetes, atau bahkan karena gangguan pada saraf. Cegukan biasanya hanya terjadi pada beberapa menit saja dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika cegukan bisa berlangsung lebih dari dua hari, maka bisa jadi cegukan ini adalah pertanda adanya gangguan dalam tubuh.

Meskipun begitu, jika cegukan masih dalam tahap biasa, maka kita bisa melakukan beberapa tips untuk meredakan cegukan dengan mudah. Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan bernafas dalam kantung kertas, atau mencoba berbaring dan duduk dan menarik lutut hingga menyentuh dada lalu mencoba bernafas dengan normal. Jika cegukan masih terjadi, kita bisa tidur tertelungkup sehingga dada pun tertekan ke arah lantai. Disamping itu, menahan nafas, atau dengan memakan gula pasir dan merasakan cuka atau lemon dianggap bisa meredakan cegukan. Terakhir, trik paling mudah meredakan cegukan dan paling umum dilakukan tentu saja adalah dengan banyak minum air dingin secara perlahan-lahan.

Baca Juga:  Anak Tetap Kurus Walaupun Banyak Makan? Mungkin Ini Penyebabnya

Selain trik mudah di atas, cegukan yang berlangsung lama tanpa penyebab yang jelas ternyata bisa diselesaikan dengan meminum obat yang tersedia di apotek-apotek terdekat. Hanya saja, pastikan bahwa cegukan tidak melebihi 2 hari karena jika lebih dari durasi tersebut, maka ada baiknya anda memeriksakannya ke dokter terdekat untuk penanganan lebih baik.