Mengenal Bintik Merah Pada Mata Atau Pterygium

DokterSehat.Com -Banyak orang yang mengeluhkan matanya, khususnya bagian retinanya yang seharusnya terlihat putih bersih justru dikotori dengan adanya bintik-bintik merah yang sulit untuk hilang. Adanya bintik-bintik pada mata ini adalah sebuah kondisi kesehatan yang disebut sebagai pterygium. Meskipun terlihat sebagai penyakit yang sepele, pterygium yang dibiarkan begitu saja ternyata bisa membuat masalah bagi mata, yakni kaburnya penglihatan.

doktersehat-tetes-mata

Pterygium sendiri kerap kali terjadi pada mereka yang cenderung banyak beraktifitas di luar rumah atau para pekerja lapangan. Mereka yang cenderung sering berada di luar ruangan, khususnya di luar rumah dan di lingkungan yang banyak polusi dan debu, akan mudah terkena penyakit ini. Selain karena polusi, debu, angin, dan berbagai hal buruk lain bagi mata, kondisi mata yang akan lebih mudah kering dan terpapar sinar ultarviolet terlalu lama bisa memicu masalah pteryigium pada mata. Biasanya, pterygium hanya akan muncul layaknya adanya selaput merah yang berada dekat dengan ujung mata bagian dalam. Sedikit-demi sedikit, selaput berwarna merah yang awalnya berposisi dekat dengan hidung ini bergerak ke bagian tengah mata. Jika hal ini terjadi, penglihatan jelas akan terganggu mengingat pupil mata akan tertutup. Dalam beberapa kasus, pterygium bisa memicu inflamasi yang bisa memberikan masalah kesehatan mata yang jauh lebih besar.

Gejala awal dari adanya pterygium pada mata bisa dikenali dengan mata yang cenderung sangat mudah terasa gatal dan seakan-akan ada pasir atau debu yang masih tertinggal pada mata dalam waktu lama. Jka hal ini dibiarkan, maka penglihatan pun akan memburuk.

Jika gejala pterygium dianggap masih ringan, kita bisa mendapatkan pengobatan ringan dengan hanya memakai obat tetes mata atau salep khusus. Sayangnya, banyak orang yang cenderung menyepelekan gejala pterygium dan pada akhirnya harus mendapati penglihatannya memburuk dan harus dioperasi untuk kesehatannya. Jika anda adalah pekerja lapangan yang ingin mencegah datangnya pterygium, anda bisa meminalisir resiko terkena penyakit ini dengan memakai kacamata hitam dan lebar untuk memberikan perlindungan maksimal dari cuaca kering dan paparan sinar ultraviolet. Jangan ragu untuk mengeluarkan air mata jika menguap karena bisa membantu mata untuk tidak mudah kering dan tetap sehat.