Mengenal Beberapa Tumor Jinak Pada Tubuh

DokterSehat.Com – Mendengar kata tumor tentu bisa membuat kita merasa ngeri. Bagaimana tidak, penyakit ini bisa memicu pertumbuhan pada beberapa bagian tubuh yang tentu bisa sangat membahayakan atau merusak penampilan seseorang. Namun, selain tumor ganas yang memang bisa membahayakan nyawa seseorang, ternyata terdapat pula beberapa jenis tumor jinak yang bisa ditemukan. Pakar kesehatan menyebutkan jika tumor jinak biasanya akan cenderung tumbuh dengan lambat atau bahkan tidak tumbuh sama sekali sehingga tidak meluas ke bagian tubuh sekitarnya sehingga bisa dibiarkan begitu saja. Seringkali tumor jinak bisa ditemukan pada permukaan kulit layaknya tahu lalat atau bahkan kutil.

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

Hampir semua orang memiliki tahi lalat pada kulitnya, baik itu yang berbentuk kecil layaknya titik hitam atau bahkan yang cukup besar dengan bentuk yang bulat atau lonjong yang bisa merusak penampilan. Dalam beberapa kasus, tahi lalat bahkan bisa ditumbuhi oleh rambut. Meskipun terlihat tidak berbahaya, dalam beberapa kasus tahi lalat ini bisa semakin membesar dan mengalami pemudaran warna karena bisa jadi hal ini berbahaya.

Kutil ternyata tidak hanya menjadi masalah kulit biasa. Pakar kesehatan ternyata menyebut ini sebagai salah satu tumor jinak yang bisa muncul pada siapa saja. Ciri-ciri dari kutil sendiri biasanya adalah dengan bentuknya yang tak beraturan dengan warna putih kecoklatan layaknya mata ikan. Seringkali kutil ini muncul karena adanya gesekan karena gerakan tubuh. Untuk mencegahnya, kita hanya cukup menjaga kebersihan dan kelembaban tubuh dengan baik.

Keloid yang biasanya muncul sebagai bekas luka ternyata juga bisa digolongkan sebagai tumor jinak. Selain itu, beberapa jenis tumor jinak lainnya layaknya xantelesma yang muncul di area dekat mata karena kebiasaan mengkonsumsi makanan kaya lemak, dan juga keratosis seboroik yang bisa muncul pada wajah mereka yang sudah berusia dewasa. Keratosis seboroik seringkali muncul karena kita jarang memakai tabir surya dan tidak merawat kulit dengan baik.