Mengenal Beberapa Mitos Tentang Kondisioner Rambut

DokterSehat.Com – Selain shampoo, produk kondisioner juga banyak digunakan dalam merawat rambut, khususnya rambut wanita. Banyak sekali alasan mengapa kita memilih untuk memakai kondisioner, sebagai contoh, kita ingin memperbaiki rambut yang sudah rusak. Sayangnya, ada banyak sekali mitos yang menyertai penggunaan kondisioner ini yang bisa membuat kita ragu akan kegunaannya. Apa sajakah mitos-mitos tersebut?

doktersehat-kesehatan-rambut

Kondisioner hanya dipakai andai rambut kita sudah rusak
Pakar kecantikan menyebutkan jika kondisioner memang memiliki kemampuan dalam membantu perawatan rambut yang sudah rusak, namun, bukan berarti kita hanya akan memakainya andai rambut kita sudah terlanjur rusak, bukan? Saat rambut kita sehat, kita tetap bisa memakai kondisioner karena produk ini justru akan menjaga kesehatan dan kecantikan rambut kita sehingga kita tentu akan mendapatkan kepercayaan diri yang lebih baik. Banyak pakar kecantikan yang menyarankan kita untuk memakai kondisioner pada rambut kita andai kerap beraktifitas di bawah sinar matahari atau jika kita kerap mewarnai rambut dan menggunakan produk penataan rambut lainnya.

Kondisioner bisa memicu masalah rambut berminyak
Ada sebuah mitos yang menyebutkan jika kerap memakai kondisioner akan membuat rambut menjadi lebih berminyak, lebih lepek, dan justru mengurangi volume rambut. Memang, kondisioner bisa menyebabkan masalah-masalah tersebut, namun, hal ini terjadi jika kita memakai produk kondisioner yang tidak cocok dengan jenis dan kondisi rambut kita. Andai kita memiliki kondisioner yang tepat dan menggunakannya dengan benar, yang terjadi adalah rambut akan menjadi semakin sehat.

Merek kondisioner harus sama dengan merek shampoo yang kita pakai
Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun ada beberapa kondisioner yang memang baik digunakan pada rambut meskipun kita memakai merek shampoo apapun, ada baiknya memang kita memakai kedua produk dari merek yang sama. Secara logika, kandungan shampoo dan kondisioner dari merek yang sama sudah dibuat sedemikian rupa agar mendukung kesehatan rambut secara maksimal. Lantas, bagaimana jika kita ternyata lebih cocok dengan produk kondisioner dari merek lain? Tak masalah, asalkan kita memakainya dengan benar dan kondisioner tersebut cocok dengan kondisi dan jenis rambut kita.