Mengenal Beberapa Gejala Dari Kanker Ginjal

DokterSehat.Com – Salah satu organ tubuh manusia yang rentan terkena penyakit berbahaya jika tidak dirawat dengan baik adalah ginjal. Ginjal sendiri memiliki peran yang besar dalam menjaga kesehatan tubuh. Organ ini akan menyaring darah dan juga menghasilkan urin yang akan ikut membuang berbagai limbah, racun, hingga kadar cairan yang berlebihan dalam tubuh. Ginjal sendiri bisa diserang sel kanker yang bisa membuat ginjal mengalami kerusakan atau bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali. Satu hal yang pasti, kita tidak bisa meremehkan penyakit kanker ginjal ini.

doktersehat-sakit-perut-mulas-Infeksi-Saluran-Kemih -isk

Pakar kesehatan menyebutkan jika secara umum kita bisa membedakan kanker ginjal menjadi dua jenis; yakni karsinoma sel ginjal yang banyak menyerang orang dewasa dan tumor wilms yang bisa menyerang anak-anak. Kanker sendiri bisa menyerang sel lapisan ureter dan jaringan ikat pada ginjal. Meskipun cukup berbahaya, pakar kesehatan sendiri masih belum benar-benar mengetahui penyebab kanker ginjal ini. Hanya saja, kaum pria, apalagi yang sudah berusia lebih dari 50 tahun dan memiliki kebiasaan merokok atau sering terpapar bahan kimia berbahaya layaknya asbes ternyata memiliki resiko tinggi terkena kanker ginjal. Dalam beberapa kasus, kanker ginjal juga bisa disebabkan karena faktor keturunan.

Kanker ginjal sendiri akan memberikan gejala-gejala khusus layaknya darah yang ikut keluar bersama dengan air kencing, tekanan darah yang semakin meningkat, demam tinggi, nyeri pada bagian punggung bawah, nafas yang cenderung semakin sesak atau pendek, pembengkakan atau benjolan pada area kaki atau perut, hingga berat badan yang menurun dengan sangat cepat. Jika kita mengalami gejala-gejala ini, mau tidak mau kita harus memeriksakan kondisi tubuh ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Baca Juga:  Viagra Natural dan Jus Delima

Pakar kesehatan sendiri belum mengetahui cara-cara yang tepat agar bisa mencegah kanker ginjal. Hanya saja, mengingat pengobatan kanker ginjal yang cenderung berat dan berlangsung cukup lama dimana penderitanya harus mengikuti operasi atau beberapa terapi lain layaknya kemoterapi, radioterapi, atau imunoterapi, maka kita tentu harus melakukan gaya hidup sehat yang tidak membuat ginjal bekerja terlalu keras.