Mengenal Apa Itu Penyakit Sklerodoma

DokterSehat.Com – kleroderma adalah penyakit kronis yang diketahui merupakan simpanan kolagen yang berlebihan dan diderita oleh lebih dari 300,000 orang di Amerika. Skleroderma terjadi pada wanita 4 kali lebih banyak daripada pria. Menderita Skleroderma sistemik yang progresif disebut sebagai Sklerosis sistemik dan itu merupakan penyakit umum yang dapat berakibat fatal.



Skleroderma kebanyakan akan mempengaruhi kulit dan diketahui akan memperkeras kulit menjadi menakutkan. Ini akan mengakibatkan warna kemerahan atau bentuk yang menakutkan. Akan ada banyak pembuluh darah yang lebih cenderung terlihat, dan ada otot dan lemak pembuangan yang akan melemahkan anggota badan dan mempengaruhi penampilannya ketika area infeksinya luas. Pada kasus yang serius, Skleroderma dapat mempengaruhi pembuluh darah.

Itu sangat serius karena Skleroderma berada diantara 2 kasus. Hal yang paling penting diketahui adalah mempertimbangkan tingkat keterikatan internal yang sedang terjadi di bawah kulit dan keseluruhan area yang terkena penyakitnya. Seseorang mungkin saja hanya mendapat satu / dua area atau luka yang terinfeksi atau mungkin saja mempunyai banyak area infeksi yang besar. Banyak orang yang menderita Skleroderma mengalami gejala Raynaud yang merupakan gejala encok pembuluh darah yang mempengaruhi jari tangan dan kaki dimana tangan dan indera perasanya akan mengalami penurunan karena flu. Gejala Raynaud dan Skleroderma sistemik dapat mengakibatkan borok yang menyakitkan pada jari tangan dan kaki. Kalkinosis merupakan endapan dari kalsium disekitar pinggul yang umum pada penderita Skleroderma sistemik dan seringkali ditemukan di dekat siku, lutut, tulang sendi yang lain.

Ada beberapa jenis utama Skleroderma, yaitu menyebar, terbatas, dan morphea atau lurus. Tipe pertama, Skleroderma menyebar merupakan penyakit sistemik. Ini merupakan bentuk yang terparah yang paling cepat menyerang dan membuat lebih banyak pengerasan kulit. Skleroderma menyebar akan menyebabkan kerusakan organ dalam seperti paru-paru dan sistem pencernaan makanan yang parah, yang sangat membahayakan nyawa.

Baca Juga:  Pencegahan Terjadinya Asma Pada Anak

Jenis yang kedua, Skleroderma terbatas dikenal sebagai gejala CREST. CREST merupakan kepanjangan dari Calcinosis atau dikenal sebagai gejala Raynaud, Esophageal dysmotility Sclerodactyly  dan Telangiectasia. Merupakan 5 gejala utama dari Skleroderma terbatas. CREST merupakan penyakit sistemik yang lebih ringan dan mempunyai proses yang lambat. Pengerasan kulit biasanya hanya terjadi pada wajah, tangan, dan organ dalam dimana prosesnya tidak terlalu parah. Penafsirannya akan lebih baik pada Skleroderma terbatas.

Tidak ada obat untuk penyakit ini tetapi ada perawatan untuk beberapa gejalanya. Perawatan ini  menggunakan obat-obatan untuk melembutkan kulit dan mengurangi pembengkakkannya. Terkena panas juga dapat membantu kebanyakan pasien. Anda harus bertanya kepada dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai kasus ini.