Mengenal Aneurisme Aorta, Masalah Kesehatan yang Diderita oleh Pak Bondan Winarno

DokterSehat.Com– Host Wisata Kuliner yang dikenal luas dengan kata “Mak Nyuss”, Bondan Winarno atau yang kerap dipanggil sebagai Pak Bondan meninggal dunia di usia 67 tahun. Dikabarkan, Pak Bondan sempat mengalami kondisi aneurisme aorta sebelum meninggal dunia.

RIP-bondan-winarno-maknyus

Dalam akun Facebook JalanSutra, Pak Bondan pernah mengungkapkan bahwa sejak April 2015, ditemukan dilatasi atau penggelembungan pada pembuluh darah aorta tubuhnya pada tahap awal atau yang dalam dunia medis disebut sebagai aneurisme aorta. Pakar kesehatan menyebut aneurisme sebagai kondisi dimana dinding arteri semakin melemah sehingga akan menggelembung dengan tidak normal. Kondisi ini sebenarnya bisa terjadi di semua bagian tubuh. Namun, seringkali aneurisme terjadi pada aorta, otak, limpa, dan kaki.

Pada kasus yang menimpa Pak Bondan, aneurisme menimpa pembuluh darah terbesar pada tubuhnya, yakni aorta. Aorta sendiri adalah pembuluh darah yang berawal dari ventrikel kiri jantung dan berlanjut hingga ke perut dan kemudian terbagi hingga ke dua kaki. Penyebab dari aneurisme sendiri masih belum jelas hingga saat ini. Namun, pakar kesehatan menduga jika ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicunya seperti sebagai berikut.

Arteriosklerosis
Arterioklerosis adalah kondisi dimana ada cukup banyak plak yang menumpuk pada arteri dan bisa membuat arteri rusak, mengeras, dan akhirnya menghambat aliran darah dan membuat lajunya menjadi tidak lancar. Kondisi ini diduga bisa memicu aneurisme.

Tekanan darah tinggi
Salah satu masalah kesehatan yang banyak menimpa masyarakat tanah air ini ternyata memang bisa menyebabkan aneurisme. Tekanan darah yang jauh di atas normal memang bisa membuat pembuluh darah menggelembung dan melemah.