Mengenal 5 Jenis Aroma Vagina dan Kondisi Kesehatannya

cara menghilangkan bau vagina

DokterSehat.Com – Seperti halnya penis, kondisi dari vagina juga bisa dilihat dari cairan yang keluar dan juga aromanya. Kalau vagina mengeluarkan cairan berwarna kuning kehijau-hijauan,  kewanitaan sedang alami infeksi atau mungkin terjadi keputihan abnormal. Kalau wanita alami kondisi ini pengobatan harus segera dilakukan.

Kalau organ kewanitaan tidak mengeluarkan cairan tertentu, tapi menguarkan baru yang aneh-aneh, bisa jadi masalah serius sedang membayangi wanita. Kenali 5 jenis aroma vagina dan kondisi kesehatannya di bawah ini.

1. Bau roti atau ragi

Coba letakkan jari di bibir vagina secara perlahan-lahan. Kalau dari sana muncul aroma mirip sekali dengan roti atau ragi yang cukup pekat, ada infeksi di sana. Vagina dengan kondisi ini sedang terinfeksi jamur atau ragi yang bisa menyebabkan iritasi dan merusak flora normal.

2. Busuk

Kalau ada bau busuk yang sangat menyengat segera datangi dokter. Kondisi ini muncul karena ada infeksi yang cukup parah di dalam vagina sehingga pengobatan tidak boleh ditunda lagi.

3. Amis

Kalau bau yang keluar amis dan cukup pekat, ada infeksi bakteri di dalam vagina. Biasanya bakteri yang menginfeksi dan menimbulkan aroma ini berjenis bacterial vaginosis dan trichomoniasis. Kondisi ini mudah disembuhkan, tapi Anda tidak boleh menyepelekannya.

4. Musk

Aroma asli dari vagina adalah musk meski tidak terlalu kuat. Aroma ini sering muncul saat wanita berolahraga atau area di vagina sering berkeringat. Aroma ini bisa menjadi tanda infeksi meski masih terbilang normal.

5. Metal

Kalau vagina memiliki aroma metal yang mirip dengan darah, kondisinya sedang baik. Anda tidak perlu mencemaskannya. Aroma ini menunjukkan pH di dalam normal dan flora normalnya tumbuh dengan baik.

Inilah lima jenis aroma vagina dan kondisi kesehatannya. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan.