Mengemudi Ternyata Bisa Mencegah Seseorang Terkena Demensia

DokterSehat.Com – Seringkali kita akan merasa tidak tega jika orang tua kita harus berkendara sendiri ke berbagai tempat. Usia yang sudah lanjut usia membuat kita berpikir bahwa orang tua akan mudah merasa lelah jika harus mengendarai kendaraan layaknya mobil atau sepeda motor ke berbagai tempat sendiri sehingga kita pun akan cenderung memilih mengantarkannya. Para orang lanjut usia juga beresiko mengalami gangguan penglihatan yang tentu akan membuat kegiatan mengendarai kendaraan sendiri akan jauh lebihberbahaya. Namun, tahukah anda, jika orang tua yang masih memiliki kondisi fisik yang bagus dibiarkan untuk mengemudi sendiri ke berbagai tempat, maka orang tua pun akan mampu mencegah dirinya terkena demensia!

doktersehat-menyetir-mobil

Demensia sendiri seringkali dianggap sebagai sebuah penyakit lansia dimana banyak orang tua yang susah untuk mengingat sesuatu hal dan mengalami banyak penurunan fungsi otak lainnya. Dengan terus mengemudi seorang diri, pakar kesehatan meyakini jika para lansia ternyata akan mampu melatih diri dan otaknya untuk terus waspada sehingga otak pun akan tetap terlatih sehingga bisa mengendalikan diri dengan lebih baik. Dengan mengemudi seorang diri, para orangtua juga dapat mengontrol emosi atau merasakan kebahagiaan karena memiliki kebebasan dalam melakukan sesuatu hal yang tentu bisa berimbas pada rasa bahagia dan terhindar dari stress.

Banyak orang tua yang mengemudi sendiri merasakan kualitas kehidupannya menjadi lebih baik dan merasa sangat bebas dan tidak bergantung pada orang lain. Pikiran yang lebih positif juga akan semakin baik bagi kesehatan para lansia secara umum. Hanya saja, pakar kesehatan justru menekankan pada anak dari para lansia yang mandiri ini agar tetap memperhatikan kesehatan atau kondisi tubuh para orang tuanya mengingat banyak kaum lansia yang juga mengalami penurunan fungsi tubuh atau respon yang jauh lebih lambat yang tentu akan membahayakan orang tua serta orang lain saat berkendara. Jika orang tua dirasa sudah tidak lagi mampu mengendarai kendaraan sendiri karena faktor fisik, maka anak pun harus segera menggantikan orang tuanya dan mulai mengantar orang tuanya sehingga keselematan orang tua pun bisa dijaga.