Mengembalikan Energi di Siang Hari Bisa Dilakukan Dengan Cara-Cara Berikut

DokterSehat.Com – Tuntutan kinerja di dunia modern yang sangat tinggi bisa menyebabkan kita mengalami banyak masalah di siang hari. Seringkali kita akan merasa tubuh sudah tidak bisa diajak untuk berkonsentrasi untuk bekerja atau bahkan sudah merasa sangat mengantuk dan ingin segera tidur. Berbagai pekerjaan pun tentu akan terbengkalai jika kita menuruti tubuh yang sudah sangat kelelahan ini. Apakah ada cara agar kita bisa mendapatkan kembali energi yang sangat dibutuhkan untuk bekerja?

doktersehat-stres-kerja-emosi-depresi

Jika tubuh sudah sangat mengantuk dan sudah tidak bisa lagi digunakan untuk berkonsentrasi, maka jalan satu-satunya adalah memberikan waktu untuk tidur siang. Hanya saja, alih-alih menuruti keinginan tubuh untuk tidur saat sudah mengantuk, kita harus pandai-pandai mengatur waktu untuk mendapatkan tidur siang di jam istirahat saja. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun sebentar saja, yakni sekitar 10 hingga 15 menit, ternyata efek yang didapatkan oleh tubuh sangatlah baik. Dengan melakukan tidur siang di jam istirahat, otak dan fisik yang sudah diforsir untuk bekerja bisa mendapatkan energinya kembali dan bisa dipakai untuk berkonsentrasi hingga jam kerja selesai nantinya.

Saat kita sudah merasa lelah dan sangat mengantuk, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang cenderung manis. Rasa lelah ini bisa jadi dikarenakan karena merosotnya kadar gula dalam darah karena kesibukan aktifitas. Makanan yang manis layaknya dari bahan gandum dan memiliki kandungan gula diyakini mampu mengembalikan kadar gula darah dengan cepat sekaligus membuat tubuh kembali memiliki energi yang cukup untuk menyelesaikan jam kerja. Selain itu, cobalah untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih. Jangan mengkonsumsi alkohol karena justru bisa merusak ritem tidur dan menyebabkan rasa lelah menjadi lebih parah.

Baca Juga:  Batu Empedu, Penyakit Tersembunyi

Saat lelah, cobalah untuk melakukan sedikit aktifitas fisik. Beberapa orang berpikir bahwa latihan fisik saat lelah justru akan menambah rasa lelah. Sayangnya, anggapan ini kurang benar adanya. Meskipun sebentar, berjalan-jalan 10 menit bisa membuat energi yang dibutuhkan tubuh kembali. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Kebanyakan pekerja kantoran yang jarang bergerak ternyata mengalami sirkulasi darah yang kurang lancar sehingga oksigen tidak bisa diantar dengan sempurna ke seluruh tubuh yang menyebabkan rasa lelah muncul. Dengan latihan fisik, sistem sirkulasi darah pun bisa kembali lancar dan rasa lelah pun akan reda.