Magnet Masuk ke Paru, Dokter Mengeluarkannya dengan Magnet Lainnya

paru_paru_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Yale Rosen

DokterSehat.Com– Bocah berusia 9 tahun dari India mengalami gangguan pernapasan akibat tanpa sengaja menelan magnet mainan. Yang menjadi masalah adalah, magnet ini masuk ke dalam paru-parunya sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Dilansir dari Daily Mail, tak hanya karena berada di dalam paru-paru yang merupakan organ vital, bagian dalam organ ini juga sangat licin sehingga dokter pun kesulitan untuk mengeluarkannya.

Dr. Jayeteertha Joshi dari KMC Hospital yang menangani kondisi sang bocah yang tidak diketahui namanya ini menyebutkan bahwa tim medis tak bisa asal mengeluarkan magnet ini dari paru-paru karena berisiko memicu kerusakan trakea atau saluran pernapasan. Jika hal ini terjadi, nyawa sang bocah tentu akan terancam.

Sempat kebingungan, dokter akhirnya menemukan ide untuk mengeluarkannya, yakni dengan menggunakan magnet lain tapi yang memiliki daya tarik yang jauh lebih kuat. Dokter pun kemudian segera menempelkan magnet ini di depan dada bagian kanan sang anak. Secara perlahan dan berhati-hati, dokter kemudian menggerakkan magnet ini ke saluran pernapasan hingga ke mulut.

Selama proses penarikan magnet ini, kondisi sang bocah terus dipantau karena magnet ini dikhawatirkan bisa memicu sesak napas yang jauh lebih parah. Beruntung, proses ini berlangsung dengan lancar dan magnet ini bisa dikeluarkan melalui mulutnya.

Sang bocah diketahui tak sengaja menelan magnet ini saat bermain dengan saudarinya. Dr. Joshi pun memperingatkan orang tua lainnya untuk memastikan bahwa mainan yang mereka beri aman untuk digunakan dan tidak memiliki benda-benda yang bisa saja tertelan oleh anak tanpa sengaja sebagaimana magnet ini karena bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan.