Mengatasi Terkilir Pada Pergelangan Tangan

DokterSehat.Com – Para pekerja kantoran, khususnya yang sering sekali menggunakan komputer sebagai peralatan kerja mereka selama berjam-jam, akan memiliki resiko terkilir pada pergelangan tangan. Gerakan tangan yang berulang-ulang saat mengetik atau menggerakkan mouse memang akan terasa ringan. Namun, jangan salah, gerakan ini ternyata memiliki resiko yang sama layaknya mereka yang berprofesi sebagai pekerja lapangan yang banyak menggunakan tangannya untuk mengangkat benda-benda dengan energi yang besar. Dalam beberapa kasus, terkilirnya pergelangan tangan bisa memicu rasa sakit dan juga pembengkakan yang bisa berlangsung dalam beberapa hari. Apa yang bisa kita lakukan untuk meredakan pergelangan tangan yang terkilir?

doktersehat-jari-tangan

Jika kita mengalami terkilir pada pergelangan tangan, mau tidak mau kita harus mengistirahatkan pergelangan tangan kita. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa waktu yang paling ideal untuk mengistirahatkan pergelangan tangan adalah 48 jam. Tidak ada gadget, tidak ada komputer, apalagi menggunakan pergelangan tangan untuk mengangkat benda berat. Kita juga sebaiknya mengompres pergelangan tangan yang sakit dengan es batu yang dibungkus kain atau plastik setidaknya 20 menit hingga 30 menit. Pengompresan tiga atau empat kali sehari selama tiga hari biasanya akan bisa mengurangi pembengkakan dan juga rasa sakit.

Jika rasa nyeri pada pergelangan tangan sangatlah hebat atau bahkan pergelangan tangan tidak bisa digerakkan, kita bisa membebat tangan dengan kain untuk menambah tekanan pada pergelangan tangan dan mengurangi pembengkakan. Jika diperlukan, kita bisa memeriksakan kondisi pergelangan tangan kita pada dokter untuk mendapatkan obat pereda rasa sakit atau obat anti peradangan dengan dosis yang aman. Setelah beberapa hari, kita bisa mulai melakukan sedikit peregangan atau latihan kekuatan jika dirasa sudah ada sedikit perubahan pada pergelangan tangan. Hanya saja, jangan paksakan diri untuk menggerakkan pergelangan tangan jika memang masih terlihat bengkak atau terasa nyeri.