Siku Anda Kering? Begini Cara Mengatasinya!

doktersehat-mengatasi-siku-kering
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Udara yang ekstrem bisa berpengaruh pada keadaan kesehatan kulit, terutama untuk jenis kulit yang mudah sekali kering. Bagian siku termasuk yang paling rawan menjadi kering akibat paparan udara dan faktor lainnya. Dilansir dari Top 10 Home Remedies, berikut ini cara mengatasi siku yang kering dengan cara alami.

1. Eksfoliasi

Meluruhkan sel-sel kulit mati penyebab siku kering, adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Mengeksfoliasi daerah siku yang kering ketika mandi, bisa menggunakan berbagai cara. Hanya ingat, apa pun cara dan alat serta bahannya, lakukan proses eksfoliasi ini dengan lembut. Jangan menggosok kulit terlalu keras hingga bisa menyebabkan iritasi. Setelah mengeskfoliasinya, lembapkan dengan minyak zaitun atau pelembap yang Anda pakai sehari-hari.

2. Gunakan Petroleum Jelly

Cara mengatasi siku yang kering, tidak membutuhkan cara-cara yang menyulitkan. Bahkan Anda bisa menggunakan petroleum jelly yang mudah sekali didapatkan di toko-toko kosmetik atau kesehatan. Top 10 Home Remedies memberikan cara yang ampuh mengatasi siku kering dengan petroleum jelly. Pertama, sebelum tidur, cuci bersih bagian siku menggunakan air hangat lalu keringkan. Aplikasikan petroleum jelly ke bagian siku lalu tutupi dengan plester atau stretchy wirstbands. Pada pagi harinya, Anda bisa mulai membersihkan daerah siku. Lakukan hal ini setiap hari.

3. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu pelembap alami terbaik yang pernah ada. Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi kulit di daerah siku yang kering. Selain itu, kandungan Vitamin E pada minyak kelapa, membantu mencerahkan warna kulit. Untuk mendapatkan khasiatnya, gunakan minyak kelapa hangat untuk dioleskan pada daerah siku. Pijit dengan lembut. Lakukan ini setelah mandi dan sebelum tidur. Agar mendapat hasil terbaik, lakukan setiap hari hingga siku Anda terasa lebih lembut dan lembap. Jika tidak nyaman dengan aroma dari minyak kelapa, Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun atau minyak almond.

Tiga tips cara mengatasi siku yang kering yang kami lansirkan dari Top 10 Home Remedies, semoga bisa menambah referensi Anda untuk mengatasi kekeringan di daerah siku. Tips ini juga bisa digunakan untuk wilayah kulit yang kering lainnya. Selamat mencoba!