Mengatasi Ruam-Ruam Pada Kulit Ketiak Setelah Dicukur

DokterSehat.Com – Mencukur bulu ketiak adalah salah satu hal yang harus rutin kita lakukan. Selain bisa membuat penampilan menjadi lebih bersih dan rapi, mencukur bulu ketiak juga bisa membuat kita lebih baik dalam mencegah munculnya bau badan. Sayangnya, rutinitas mencukur ketiak ini bisa menimbulkan masalah tersendiri berupa adanya masalah kuit kemerahan, sensasi rasa gatal, adanya benjolan, hingga munculnya rasa perih dan terbakar. Pakar kesehatan menyebutkan jika ruam-ruam pada kulit memang kerap terjadi setelah bercukur dan hal ini seringkali disebabkan oleh bakteri yang menempel pada alat cukur atau karena penggunaan deodoran yang kurang tepat. Sebenarnya, apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ruam-ruam tersebut?



Mandi air hangat
Andai kita merasakan gejala-gejala ruam-ruam kulit seperti di atas, segeralah mandi dengan air hangat. Dengan melakukan hal ini, maka area ketiak pun akan tetap kering sehingga masalah ruam-ruam bisa mereda. Setelah itu, pastikan untuk menggunakan pakaian katun yang lebih longgar, bukannya yang ketat, agar area ketiak bisa bernafas dengan lebih lega.

Es batu
Untuk mengatasi ruam-ruam ini, kita bisa menggunakan es batu. Oleskan es batu pada ketiak yang mengalami ruam-ruam sehingga rasa perihnya pun bisa mereda. Lakukan hal ini beberapa kali dengan sempat mendiamkan es batu selama beberapa detik pada ketiak agar penyembuhan bisa lebih cepat terjadi.

Lidah buaya
Pakar kesehatan menyebutkan jika di dalam lidah buaya ada kandungan aloesin dan antioksidan alami yang akan membuat peradangan dan gatal-gatal pada kulit ketiak mereda. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mengambil gel lidah buaya yang sudah didinginkan di freezer kulkas. Oleskan gel ini pada kulit ketiak yang mengalami ruam-ruam dan diamkan selama beberapa saat agar nutrisinya meresap ke dalam kulit. Tak hanya mengatasi ruam-ruam pada kulit ketiak, tips ini juga akan mampu membuat kulit ketiak lebih mulus.

Baca Juga:  Kecanduan Ngelem Ternyata Sangat Berbahaya

Minyak kelapa
Adanya kandungan vitamin E dan asam lemak apda minyak kelapa ternyata bisa membantu penyembuhan kulit setelah dicukur. Oleskan minyak kelapa berjenis extra virgin untuk mengatasi ruam-ruam pada kulit setelah bercukur.