Mengatasi Rasa Malas Sarapan Pagi Saat Hamil

DokterSehat.com– Kebutuhan gizi saat hamil tentunya haruslah tercukupi mengingat kebutuhan asupan makanan yang diperlukan bertambah, serta harus berimbang. Sehingga kebutuhan makan tiga kali sehari haruslah terpenuhi, atau bahkan bisa lebih dari tiga kali. Keteraturan makan dimulai dari makan pagi, makan siang, dan makan malam, atau pun bisa menambah makan di sela-sela waktu-waktu tersebut.



Di antara tiga waktu tersebut biasanya sarapan banyak diabaikan oleh banyak orang, dengan berbagai alasan, seperti malas atau terburu-buru berangkat kerja atau sekolah, sehingga tidak sempat untuk bersantap di pagi hari. Namun bagi Anda yang sedang hamil, janganlah mengabaikan sarapan, apa pun alasannya. Sarapan sangat diperlukan oleh ibu hamil. Selain untuk menambah asupan makanan bagi bayi, sarapan juga untuk memenuhi gizi, serta menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah. Kebutuhan glukosa ini sangat dibutuhkan bagi perkembangan otak untuk daya ingat. Sehingga sarapan pagi dapat membantu meningkatkan sistem pertumbuhan otak 25 % yang bisa mempengaruhi kecerdasan otak pada bayi. Maka dari itu sempatkan selalu waktu untuk sarapan.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi rasa malas sarapan:

  • Alihkan pikiran dengan membayangkan suasana menikmati makan yang sangat berkesan. Misalnya candle light dinner bersama sang suami.
  • Nikmati sarapan pagi dengan bersantai, misalnya di halaman rumah atau tempat favorit Anda.
  • Pilihlah makanan dengan karbohidrat yang tinggi, namun dengan jumlah yang kecil tapi sering. Sarapan dengan sereal dapat menjadi menu pilihan.
  • Jika susah untuk minum susu, atau merasa mual, gantilah susu dengan olahan lain seperti es krim, puding, agar-agar, perkedel lapis, puding roti, serta makanan lain yang terbuat dari susu.
  • Jika mengalami mual saat mengosumsi makanan tertentu, gantilah dengan berbagai jenis makanan lain yang mudah Anda makan.
  • Hindarilah makanan yang pedas.
  • Hindari juga makanan yang terlalu banyak menggunakan pemanis, bersantan, dan mengandung kadar lemak yang tinggi.
  • Sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi beserta creamer. Anda dapat menggantinya dengan minum teh hangat yang beraroma pepermint atau aroma lain.
  • Sebaiknya kurangi pula makanan yang teralu basah, namun konsumsilah makanan ringan, kering, serta menyegarkan. Misalnya krakers atau buah kering dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Baca Juga:  Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Pemanis Buatan

Dengan adanya tips tersebut, Anda  dapat mengubah gaya hidup Anda dengan selalu membiasakan sarapan pagi. Penuhilah kebutuhan gizi saat hamil sangatlah penting demi kesehatan janin.