Mengatasi Rasa Lelah Berlebihan Saat Fase Menstruasi

DokterSehat.Com – Fase PMS atau masa menjelang haid adalah salah satu fase yang paling menyebalkan bagi wanita. Bagaimana tidak, tubuh mereka menjadi terasa tidak karuan dan bahkan suasana hati mereka bisa menjadi tidak stabil. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika hampir 70 persen wanita akan mengalami gangguan PMS menjelang haid. Pada fase ini, mereka cenderung mengalami gangguan tidur dan merasakan kelelahan yang luar biasa. Agar tidak terus mengalaminya, ada baiknya kaum hawa mulai melakukan hal ini untuk mengatasinya.

doktersehat-sakit-perut-wanita-mens-menstruasi-datang-bulan-stomachache-tipes-tifus

Minum air putih
Pakar kesehatan menyarankan kaum hawa yang mengalami masalah PMS untuk mencukupi kebutuhan air minumnya setidaknya 7 hingga 8 gelas perhari. Dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik, maka kita pun akan menurunkan resiko terkena masalah perut kembung dan rasa kurang nyaman pada tubuh yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar natrium selama fase ini.

Rutin berolahraga
Meskipun merasakan kelelahan luar biasa, kaum hawa sebaiknya tetap melakukan aktifitas fisik selama fase pra-menstruasi. Dengan melakukan olahraga, kita akan membuat tubuh akan terasa lebih fit dan lebih nyaman. Pakar kesehatan menyebutkan jika kaum hawa sebaiknya melakukan olahraga pada jam 5 hingga jam 7 pagi demi mengatasi masalah PMS karena pada jam-jam inilah, hangatnya sinar matahari pagi bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih nyaman dan tubuh bisa menyerap banyak vitamin D yang sehat bagi tubuh.

Memenuhi asupan kalsium dan magnesium
Menjelang fase haid, kita sebaiknya mencukupi kebutuhan kalsium agar resiko terkena gangguan PMS menurun hingga 36 persen. Kita bisa mendapatkan asupan kalsium ini dari makanan dan minuman layaknya tahu, tempe, keju, hingga susu. Selain kalsium, kita juga membutuhkan asupan magnesium yang bisa membuat badan menjadi lebih nyaman. Untuk mendapatkannya, kita bisa mengkonsumsi cokelat, kacang-kacangan, dan buah pisang.

Baca Juga:  Keringat bisa jadi antibiotik alami tubuh

Mengurangi minuman berkafein
Meskipun sangat nikmat dan bisa menambah semangat, ada baiknya wanita menurunkan asupan minuman berkafein layaknya kopi menjelang fase haid karena bisa memicu perasaan tidak nyaman pada tubuh dan menurunkan kualitas tidur.