Mengatasi Rambut Rusak dan Bercabang

DokterSehat.com – Rambut adalah mahkota bagi wanita. Rambut dianggap sebagai bagian dari tubuh yang sangat mempengaruhi penampilan bagi seorang wanita. Hal ini membuat begitu banyak wanita yang berusaha dengan keras agar rambutnya tetap sehat ataupun terlihat indah. Wanita pun banyak yang banyak yang berbondong-bondong datang ke salon untuk melakukan perawatan pada rambutnya ataupun ingin memperindah rambutnya dengan berbagai cara. Nah, ternyata hal ini bisa saja menjadi sebuah masalah bagi rambut. Perawatan rambut ataupun penggunaan obat kimia ternyata tidak selalu cocok untuk semua jenis rambut. Hasil terburuknya tentu saja kualitas dari rambut pun menurun dan kesehatan dari rambut dan kulit kepala dapat memburuk. Salah satu masalah rambut yang dapat membuat kaum hawa gusar adalah masalah rambut rusak dan bercabang.

15

Banyak wanita yang menganggap masalah rambut rusak dan bercabang ini dapat diatasi dengan hanya memotong rambut tersebut hingga cukup pendek. Namun, hal ini sebenarnya tidak dapat mengatasi masalah ini. Inti dari masalah rambut rusak dan bercabang bukanlah pada berapa panjang rambut seseorang. Yang terjadi adalah minyak yang diproduksi kelenjar di bawah kulit kepala tidak dapat mencapai bagian ujung rambut sehingga bagian ujung menjadi lebih kering dan lebih rapuh daripada bagian batang ataupun akar rambut. Masalah ini biasanya dapat disebabkan oleh pewarnaan rambut, penggunaan shampoo yang tidak cocok dengan rambut, ataupun penggunaan sisir dan sikat rambut yang justru merusak kualitas rambut.

Namun, anda tidak perlu khawatir, ada beberapa solusi untuk mengatasi rambut rusak dan bercabang ini. Anda dapat merawat rambut anda dengan conditioner atau cream setidaknya seminggu sekali. Memotong bagian ujung rambut yang telah rusak untuk kemudian diberikan terapi trim atau steam setiap 8 -12 minggu sekali juga dapat dijadikan solusi. Namun, anda juga harus menghindari hair dryer yang dapat merusak rambut anda. Selain itu, anda juga harus memperhatikan penggunaan dari sisir dan cara penyisiran rambut anda agar rambut anda tidak rusak. Anda dapat menggunakan sisir rambut dengan bantalan bulat di ujungnya. Sisir jenis ini dapat menyingkirkan kotoran namun juga sekaligus menyebarkan kandungan minyak alami ke seluruh bagian dari rambut anda.