Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

DokterSehat.Com – Selain rambut yang berketombe atau mengalami kerontokan, ada sebuah masalah rambut lain yang sangat meresahkan bagi semua orang, yakni rambut yang terlihat lepek atau berminyak. Memang, ada sebagian orang yang meskipun sudah merasa telah mencuci rambutnya dengan rutin namun tetap saja memiliki rambut yang lepek atau berminyak. Hal ini tentu saja akan membuat penampilan kita menjadi sangat berantakan mengingat rambut akan sangat sulit ditata. Apakah ada cara agar kita bisa mengatasi rambut lepek ini?

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

Pakar kecantikan menyebutkan jika sebagian penyebab dari masalah lepek atau berminyaknya rambut ini adalah karena jarangnya seseorang mencuci rambutnya. Memang, ada banyak orang yang sudah merasa mencucinya dengan rutin namun rambutnya tetap lepek dan sangat berminyak. Namun, jika rambut sering terkena kotoran atau keringat, maka kulit kepala pun akan cenderung akan meningkatkan produksi minyak yang akan membuat rambut terlihat lebih lepek. Andai anda mengalami masalah ini, cobalah mencuci rambut dengan rutin, namun, jangan mencucinya setiap hari karena justru akan membuat produksi minyak kulit kepala menjadi sangat tinggi.

Selain mencuci rambut menggunakan shampoo, kita juga harus memperhatikan penggunaan kondisioner pada rambut. Sayangnya, bagi mereka yang memiliki rambut lepek atau berminyak, kondisioner justru bisa menyebabkan produksi minyak berlebihan pada rambut.

Andai anda memiliki rambut yang lepek atau berminyak, ada baiknya kita tidak menyentuhnya sering-sering. Tanpa kita sadari, memegang rambut dengan tangan bisa memicu peningkatan produksi minyak pada kulit kepala sehingga menyebabkan rambut semakin lepek. Alih-alih sering memegangnya, cobalah untuk menaburkan bedak bayi pada rambut yang diyakini bisa membuat rambut menjadi tidak lepek kembali dan menurunkan kadar minyak berlebihan pada rambut.