Mengatasi Perut Buncit Dengan Mengurangi Konsumsi Minuman Manis

DokterSehat.Com – Semua orang, baik pria maupun wanita tentu tidak ingin jika mereka memiliki masalah berat badan, apalagi jika mendapati perutnya semakin membuncit. Disamping bisa memicu berbagai masalah kesehatan layaknya obesitas, perut yang membuncit juga bisa membuat tampilan seseorang menjadi lebih buruk sehingga bisa menurunkan percaya diri. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa melakukan diet beberapa jenis makanan tertentu. Namun, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mulai menghindari beberapa minuman yang terasa manis.

doktersehat-perut-diet-buncit-belly-jamu-galian-singset

Pakar kesehatan menyebutkan jika minuman-minuman manis layaknya jus kemasan yang jaya gula, kopi yang lengkap dengan krim, hingga minuman bersoda ternyata memiliki andil besar dalam semakin membuncitnya perut. Minuman-minuman ini diyakini bisa memicu penumpukan lemak visceral pada perut. Yang menjadi masalah adalah, lemak visceral ini bisa “membungkus” beberapa organ pencernaan layaknya liver atau pankreas sehingga fungsi organ-organ tersebut dalam mengendalikan insulin atau menetralisir racun pun bisa bermasalah. Padahal, jika kadar insulin tidak bisa dikendalikan dengan baik atau bahkan tubuh mengalami resistansi insulin, maka kita pun akan beresiko terkena penyakit diabetes atau bahkan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Sebuah penelitian dilakukan oleh Framingham Heart Study di Amerika Serikat dan melibatkan partisipan sejumlah 1.000 orang dewasa. Dari penelitian ini, ditemukanlah fakta dimana mereka yang rutin mengkonsumsi minuman yang manis, maka mereka akan cenderung memiliki kadar lemak visceral yang cukup tinggi di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan minuman manis layaknya minuman bersoda atau jus kemasan ternyata banyak mengandung sirup jagung tinggi fruktosa dan sukrosa yang bisa memicu meningkatnya kadar lemak visceral. Bahkan, soda diet yang diklaim rendah gula pun ternyata tetap bisa memicu peningkatan lemak visceral.

Baca Juga:  Beda Usia, Beda Pula Penggunaan Pasta Giginya

Alih-alih banyak mengkonsumsi minuman manis yang memang menyegarkan, ada baiknya kita membatasi konsumsi gula setidaknya 100 kalori saja setiap harinya. Dengan melakukan hal ini, perut buncit pun bisa diatasi dan berbagai bahaya kesehatan bisa dihindari.