Mengatasi Penyakit Orkitis Pada Organ Reproduksi Pria

DokterSehat.Com – Penyakit Orchitis adalah peradangan pada salah satu atau kedua testis, umumnya peradangan ini dikaitkan dengan virus yang menyebabkan gondok. Setidaknya sepertiga dari laki-laki yang mengalami gondok setelah pubertas juga mengalami Orchitis. Penyebab lain Orchitis, adalah penyakit menular seksual (PMS), seperti gonore atau klamidia.



Orchitis juga sering disebut dengan testis sakit dan selangkangan sakit kadang-kadang digunakan secara bergantian. Tapi selangkangan sakit terjadi pada lipatan kulit antara paha dan perut bukan di testis. Sedangkan penyebab nyeri selangkangan berbeda dari penyebab nyeri testis.

Bakteri Orchitis sering karena epididimitis, suatu peradangan epididimis di bagian belakang testis yang menyimpan dan membawa sperma. Dalam hal ini, ini disebut epididimo-orkitis. Pembengkakan dan nyeri yang paling umum adalah tanda-tanda dan gejala orkitis.

Gejala

  • Bengkak pada salah satu atau kedua belah testis
  • Mual
  • Nyeri mulai dari ringan sampai parah
  • Demam
  • Perubahan penis
  • Darah saat ejakulasi

Pencegahan

Penanganan yang benar harus dilakukan kepada penderita orkitis mengingat penyakit ini dapat menyebabkan infertilitas pada pria. Bakterial orkitis atau orkitis yang disebabkan oleh bakteri dapat ditangani dengan antibiotik. Antibiotik merupakan senjata yang paling ampuh untuk membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan orkitis seperti yang dilansir oleh laman nlm.nih.gov.

Obat-obatan anti-inflamasi juga bisa menjadi salah satu alternatif yang baik. Seperti yang telah dibahas, orkitis adalah penyakit peradangan dan sakitnya luar biasa, maka Anda juga dianjurkan untuk mengambil obat penghilang rasa sakit untuk mengendalikan gejala pada orkitis yang disebabkan virus.

Jika hal-hal diatas terdengar sangat sulit dilakukan bagi Anda, berarti secara tidak langsung bahwa Anda telah memikirkan tentang baiknya aksi pencegahan.

Oleh karena itu, segeralah untuk melakukan vaksinasi bakteri mumps. Karena vaksinasi akan membantu antibody Anda menjadi lebih kuat dalam melawan penyakit ini. Hal lainnya yang terkait adalah dengan memakai alat kontrasepsi atau kondom ketika melakukan hubungan seksual.

Baca Juga:  Manfaat Berhenti Merokok untuk Kecantikan

Tuh kan pria, ujung-ujungnya selalu ada kondom. Nah, yuk hidup dengan seks sehat dan tetap berhati-hati dalam memilih pasangan.