Mengatasi Penyakit Epididimitis Pada Organ Reproduksi Pria

DokterSehat.Com – Penyakit yang berikut juga tidak kalah berbahayanya loh dibandingkan dengan penyakit-penyakit pada organ reproduksi pria yang telah diulas dalam artikel sebelumnya. Jenis apakah penyakit ini?



Penyakit ini sangat terkenal dengan nama epididimitis. Lalu, apakah epididimitis itu? Yuk dimisak ulasan singkat tentang penyakit ini.

Epididimitis adalah penyakit peradangan pada epididimis. Epididimis sendiri dapat diartikan sebagai saluran bergulung yang terletak di belakang testis. penyebab umum dari penyakit ini biasanya infeksi. Hal ini sama halnya dengan penyakit uretritis yang telah diulas pada artikel sebelumnya.

Mungkin beberapa dari Anda kaum pria telah mengetahui apa itu penyakit Epididimitis yang menyerang organ reproduksi pria dan gejala awal dari penyakit itu sendiri. Sekarang pertanyaannya adalah, sudahkah anda mengetahui hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk pencegahan dan pengobatan? Simak terus ulasan berikut ya.

Epididimitis dapat dicegah dengan beberapa cara, yaitu :

  • Kondom
    Penggunaan kondom dapat membantu untuk mengurangi penyebaran penyakit menular seksual, dalam hal ini termasuk bakteri/virus klamidia dan gonore.
  • Operasi pada saluran kemih bagi pria penderita kelainan prepubertal. Hal ini dapat mengurangi resiko infeksi saluran kemih atau epididimitis.
  • Pemberian antibiotic profilaksis pada pasien yang baru saja menjalani operasi saluran kemih. Dalam kebanyakan kasus, prosedur pemberian dosis pada antibiotic intravena akan cukup untuk mencegah bacteremia atau bakteriuria menyebabkan epididimitis.

Dan jika Anda sudah terlanjut terjangkit penyakit ini, ada baiknya langsung pergi ke dokter spesialis untuk segera mendapat penanganan. Pergi kerumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap dan canggih juga sangat membantu loh, Karena pria dengan penyakit ini perlu menjalani tahapan rehabilitasi untuk penguatan progresif terhadap orga reproduksinya.

Baca Juga:  Cara Mencegah Infeksi Jamur Dan Mengatasi Keputihan

Oleh karena itu, tunggu apalagi, segera cek kesehatan organ reproduksi pria terkait dengan penyakit epididimitis. Karena jika anda lengah dan menganggap sepele, maka jangan heran kalau hal fatal bisa menimpa Anda. Lebih cepat lebih baik bukan?