Mengatasi Nyeri Otot yang Disebabkan Oleh Olahraga

DokterSehat.Com – Dengan berolahraga, kita bisa mendapatkan tubuh yang terasa jauh lebih segar dan bugar. Disamping bisa membuat banyak keringat keluar dari tubuh, olahraga juga bisa membuat sirkulasi darah menjadi jauh lebih baik. Hanya saja, tidak selalu olahraga akan memberikan kebaikan pada tubuh. Banyak orang yang mengeluhkan otot-ototnya mengalami rasa nyeri atau bahkan kaku setelah melakukan olahraga. Uniknya, beberapa orang menganggap rasa nyeri ini sebagai nyeri yang baik dan sehat karena menandakan jika otot-otot telah bekerja sebagaimana mestinya saat berolahraga.

doktersehat-cedera-olahraga

Sebelum rasa nyeri pada otot ini semakin menjadi dan mengganggu aktifitas harian kita, ada baiknya kita segera mengatasi rasa nyeri pada otot. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mengistirahatkan dahulu badan dari berbagai aktifitas fisik berat layaknya olahraga intens. Jika kita tetap memaksakan olahraga dengan rasa nyeri pada otot, ditakutkan otot justru bisa mengalami cedera yang lebih parah dan memerlukan penanganan yang lebih rumit. Sebagai contoh, jika otot pada kaki terasa nyeri saat berjalan, maka kita bisa mengkompresnya dengan es batu yang dibungkus dengan kain atau plastik setidaknya beberapa jam setelah rasa nyeri mulai terasa setelah berolahraga. Setelah itu, gantilah kompres dengan air hangat sehingga otot-otot pun akan jauh lebih rileks sekaligus menghilangkan rasa nyeri.

Tips berikutnya dan yang paling sering dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri otot setelah berolahraga tentu saja dengan pemijatan. Pijatan bisa membuat otot-otot segera rileks dan aliran darah menuju otot pun kembali lebih lancar sehingga proses pemulihan otot yang nyeri dan kaku bisa berjalan dengan jauh lebih baik.

Untuk mencegah rasa nyeri pada otot setelah berolahraga, ada baiknya kita melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu sebelum fokus pada aktifitas olahraga yang lebih intens. Selain itu, cobalah untuk meminum kopi hitam tanpa gula dan berbagai tambahan apapun untuk menurunkan resiko munculnya rasa nyeri pada otot setelah berolahraga.