Mengatasi Nyeri Berlebihan Saat Menstruasi Tiba

DokterSehat.Com – Meskipun selalu ditunggu-tunggu kedatangannya setiap bulan oleh kaum hawa, dalam realitanya banyak wanita yang mengeluhkan munculnya rasa nyeri yang bisa sangat berlebihan saat fase menstruasi tiba atau beberapa hari sebelumnya. Pakar kesehatan menyebutkan jika nyeri menstruasi ini bisa muncul karena adanya kontraksi pada dinding rahim yang bisa memicu terjepitnya pembuluh darah atau iksemi jaringan. Nyari yang bisa terasa sangat sakit ini bahkan bisa disertai dengan rasa kaku dan sensasi badan yang meriang sehingga akhirnya mengganggu kegiatan harian kaum wanita. Lantas, apakah tidak ada cara untuk mengatasi rasa nyeri berlebihan saat fase menstruasi tiba?

doktersehat-wanita-sakit-perut-menstruasi-datang-bulan

Tak perlu mengkonsumsi obat-obatan, ada beberapa cara alami untuk mengatasi nyeri berlebihan saat menstruasi tiba. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengistarahatkan badan dengan cukup, khususnya dengan posisi miring. Kita sendiri bisa membuat badan berada dalam posisi menungging atau meringkuk agar mampu menekan rasa nyeri yang luar biasa pada perut. Jika diperlukan, kita bisa memberikan kompres hangat melalui hangat atau peralatan pengompres ke bagian perut yang terasa sangat nyeri. Jika tidak, gunakanlah botol air bersih yang sudah diisi dengan air hangat untuk mengompres perut sambil beristirahat.

Untuk menekan rasa nyeri pada perut yang sangat terasa, ada baiknya konsumsi makanan juga harus lebih diperhatikan. Untuk menghindari anemia atau kekurangan sel darah merah, yang bisa memicu tubuh wanita menjadi lemas dan lelah, ada baiknya konsumsi makanan yang kaya akan zat besi layaknya sayur bayam atau hati ayam. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi ramuan kunyit asam yang akan sangat baik untuk mengatasi nyeri haid dan dikonsumsi di hari pertama menstruasi.

Baca Juga:  Bedak Bayi Ternyata Baik Bagi Kecantikan

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk menekan rasa nyeri berlebihan saat fase menstruasi tiba adalah mencoba untuk tidak menggunakan pakaian ketat yang bisa memicu rasa sakit lebih terasa. Gunakanlah pakaian yang cenderung longgar dan nyaman sehingga kita bisa segera memberikan pengobatan pada rasa nyeri yang berlebihan tersebut.