Mengatasi Nyeri atau Sakit Saat Haid

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Menstruasi atau haid atau datang bulan rasanya memang sakit. Menstruasi merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Tamu bulanan ini kalau datang dapat membuat wanita marah-marah. Rasa sakit selalu datang terutama menjelang mestruasi.

Tentusaja semua mengingikan agar saat mestruasi tidak menimbulkan rasa sakit yang amat sangat. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dan mengurangi sakit pada saat menstruasi :

  • Tempelkan botol berisi air panas atau bantalan panas/hangat pada daerah perut. Rasa hangat dapat mengurangi rasa nyeri.
  • Pijat daerah perut secara perlahan-lahan.
  • Coba tidur terlentang dengan kaki/lutut diganjal dengan bantal.
  • Lakukan olahraga ringan seperti senam, jalan kaki, atau bersepeda pada saat sebelum dan selama haid, hal tersebut dapat membuat aliran darah pada otot sekitar rahim menjadi lancar, sehingga rasa nyeri dapat teratasi atau berkurang.

Hindari menggunakan pakaian yang ketat dan dapat menekan perut saat datang haid. Sumber : berbagai sumber.

Sumber : tipskeluarga.com

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. rhanie

    waaahh mudah mudahan bermanfaat dan terbukti eaa,,,
    soalnya aku klo lgi mens mang suka sakit,banget malah, ,,,
    dan emang bener bener g tertahan kan

    1. dr. Vanny Bernadus

      Bila sakit sampai tidak tertahankan dikhawatirkan Ada gangguan Yg lain, sebaiknya periksakan ke dokter terlebih dulu. Trims

  2. fitri

    saya sudah melakukan smua yg dibilang diatas tapi kok g berhasil ya?? al hasil setiap pertama Bulanan selalu tergantung ama obat

    1. dr. Vanny Bernadus

      Bila sakit sampai tidak tertahankan dikhawatirkan Ada gangguan Yg lain, sebaiknya periksakan ke dokter terlebih dulu. Trims

  3. dhea

    bnera g’ tips nie bsa nyembuhin sakit nyeri nya?????………………………..

    1. dr. Vanny Bernadus

      Bila sakit sampai tidak tertahankan dikhawatirkan Ada gangguan Yg lain, sebaiknya periksakan ke dokter terlebih dulu. Trims

  4. ayu

    makasi dok atas saran’A………
    coz loe saya M perutna tu bnr” sakit bwangettttttzzzzzzzzzzzzzzzz

    1. dr. Vanny Bernadus

      Bila sakit sampai tidak tertahankan dikhawatirkan Ada gangguan Yg lain, sebaiknya periksakan ke dokter terlebih dulu. Trims

  5. ......

    katanya pake air kelapa, bener ga? emang bener bisa ngurangin sakitnya?
    tp di coba dulu deh, thanks ya dok…

  6. piscesogirl

    sy mngalami nyeri haid sjk SMP, hingga swaktu kuliah sy prnh ga jd ujian midsemester krn nyeri haid dhari pertama dpt. udh konsul ke dokter, dkasih obat tp ga ngaruh jg.minum obat2 yg bnyk diiklankan media massa pun jg ga ngaruh…. alhasil sy trgantung pd obt pnghilang nyeri stiap blnnya. skrg pasca mlhrkan, tiap hr pertama haid msh jg sakit, tp hr ke dua udh mendingan. dan siklus haid sy pun teratur, 28 hr. pdhl sblmnya siklus sy bs 33, 34 bhkan pd keadaan trtntu bs 41, 43 hari.

    1. dr. Vanny Bernadus

      Bila sakit sampai tidak tertahankan dikhawatirkan Ada gangguan Yg lain, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan Dan kebidanan terlebih dulu. Trims

  7. rekha rama delia putri

    semoga manjur ya dok..
    soal ny rasa sakit ny mengganggu aktifitas sklah ku..
    apa lgi pass jadwal ny sibuk rasa sakit ny datang..
    aduh..
    gag keefikiran dech..
    mksh dok..

    1. dr. Vanny Bernadus

      Bila sakit sampai tidak tertahankan dikhawatirkan Ada gangguan Yg lain, sebaiknya periksakan ke dokter terlebih dulu. Trims

  8. suraya

    Dear Bu Dokter

    Saya ibu rumah tangga yang berusia 34 tahun menika pada tahun 2009

    saya sudah pernah hamil sampai 2x,tapi sempat gagal karena saya di sanksi oleh dokter kena penyakit seperti gista
    ( Hamil di luar kandungan) akhirnya saya memutuskankan untuk di operasi
    yang saya ingin tanyakan bu dok,,,setiap saya haid perut saya nyeri,sakit minta ampuuunn,sampai keluar gumpalan2
    jadi disini saya minta petunjuk dari bu dok,bagaimana cara mengatasi hal seperti saya jelaskan ini
    demikian dan terima kasih

    Salam

    Aya

Leave a Comment