Mengatasi Mual-Mual Saat Hamil Muda

DokterSehat.Com – Meskipun kehamilan menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan, dalam realitanya, hamil muda ternyata bisa membuat ibu mengalami berbagai perubahan yang bisa cukup menyiksa. Salah satu perubahan pada fisik ibu hamil muda adalah kecenderungan untuk mudah merasa mual dan penurunan nafsu makan. Memang, trimester pertama kehamilan bisa memicu rasa mual-mual yang berlebihan pada sebagian ibu hamil, namun, demi kesehatan ibu dan juga kandungannya, ibu tentu harus berusaha tetap mendapatkan nutrisi yang cukup setiap hari, bukan?

doktersehat-hamil-mual-muntah

Pakar kesehatan menyebutkan jika mual-mual atau bahkan muntah bagi ibu yang sedang hamil muda sebagai hal yang wajar. Namun, dalam beberapa kasus, mual-mual ini bisa mengganggu aktifitas keseharian sang ibu sehingga tentu harus diatasi dengan baik. Ibu hamil muda sebenarnya bisa mulai menata menu makanannya dan mencoba untuk menghindari beberapa makanan yang bisa membuat mual-mual muncul. Hal ini dikarenakan indera layaknya pada lidah atau hidung ibu hamil cenderung sangat peka sehingga jika membaui atau merasakan makanan yang kurang disukainya, Ia bisa segera merasa mual dan muntah-muntah. Beberapa jenis makanan layaknya makanan asam dan pedas, minuman bersoda, hingga makanan dengan bau menyengat biasanya akan dihindari oleh ibu hamil muda.

Agar ibu hamil yang mengalami mual-mual bisa tetap mendapatkan nutrisi harian yang cukup, Ia tentu harus lebih pandai mensiasati waktu atau bahkan porsi makanan yang dikonsumsi agar tidak dimuntahkan kembali karena mual-mual. Sebagai contoh, ada ibu hamil yang mencoba mengkonsumsi makanan kecil layaknya biskuit sehat setelah bangun tidur sehingga tidak mudah menimbulkan mual-mual. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi yang kecil, namun dengan frekuensi yang lebih banyak. Jika diperlukan, cobalah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamn B6 dan B12 yang bisa memperlancar metabolisme tubuh layaknya ikan, kacang-kacangan, atau bahkan telur.