rambut rontok 2

Mengatasi Masalah Rambut Rontok

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Secara alamiah, rambut manusia akan mengalami kerontokan antara 50 hingga 100 helai per harinya. Namun, jika kerontokan rambut terjadi dengan berlebihan dan berkelanjutan, maka masalah ini akan cukup mencemaskan bagi kaum wanita. Memang, rambut memiliki jumlah jutaan atau hingga milyaran helai di kepala, namun, jika terus menerus mengalami kerontokan, maka lama kelamaan rambut dapat menipis ataupun mengalami kebotakan. Kerontokan rambut ini secara psikologis juga sangat buruk bagi manusia, khususnya dalam kepercayaan diri pada kaum hawa. Bagaimana cara yang paling baik untuk mengatasi ini? Berikut adalah beberapa tips mengatasi masalah rambut rontok.

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan menggunakan terapi santan kelapa dua kali dalam seminggu. Santan ini dilumurkan pada rambut secara menyeluruh hingga menyentuh kulit kepala, pijatlah kepala anda, dan kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu anda dapat membilas rambut dengan air hangat dan berkeramas seperti biasa.

Cara kedua adalah dengan menggunakan kulit dari sisa buah semangka. Anda dapat menggosokkan kulit semangka ini pada kulit kepala anda. Setelah itu, anda dapat mendiamkannya selama setengah jam, atau malah semalamam penuh untuk kemudian keramas seperti biasa. Kegiatan ini dapat dilakukan seminggu sekali.

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan kacang hijau dengan jumlah sekitar secangkir yang telah direndam semalaman. Rendaman tersebut kemudian disaring. Air hasil saringan tersebut dapat dioleskan pada rambut dan kulit kepala dengan diselingi pijatan. Metode ini dapat dilakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Cara ke empat adalah menggunakan campuran dari lima sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan madu. Campuran ini dilumurkan ke seluruh rambut, diamkan rambut sekitar 15 menit sambil ditutupi dengan shower cap atau handuk, kemudian bilas sampai bersih. Anda dapat melakukan ini setidaknya seminggu sekali.

Untuk cara terakhir, anda dapat mengoleskan minyak kelapa pada rambut dengan ditambahi dengan pijatan pada kulit kepala. Sebelum dikeramasi, ada baiknya olesan minyak kelapa ini didiamkan selama sekitar 30 menit hingga satu jam.

Selain beberapa metode di atas, ada baiknya anda mulai mengkonsumsi beberapa vitamin seperti vitamin E maupun vitamin B kompleks yang sangat berguna bagi rambut. Selamat mencoba dan memperbaiki rambut anda.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. firman

    pagi dok,saya ingin tanya kenapa rambut di tubuh saya byk yg rontok,contoh:rambut kepala,bulu mata dan rambut di sekitar kemaluan. apa penyebabnya dan cara mengatasinya gimana dok ???
    Terima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. Dr. Vanny bernadus

      Rambut di tubuh, Ada kalanya mengalami kerontokan, Dan bila masih dapat di hitung, dikatakan masih normal. Bila benar2 banyak sampai tak terhitung, Ini baru dikatakan tidak normal, Dan harus diperiksakan kedokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. putri

    Saya ingin bertanya, rambut saya tiba2 lepek dan lengket setelah saya masker rambut kemaren, saya sudah keramas sampai 5 kali tapi rambut saya tetap lengket, bagaimana solusinya ya?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Kemungkinan tidak cocok dengan maskernya. Keramas seperti biasa dengan shampoo anda, tidak perlu sampai berkali2 dalan sehari. Dalam beberapa hari seharusnya ak kembali seperti biasa. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      1. putri

        Tapi rambut saya lengket seperti habis disiram susu, adakah cara cepat untuk mengembalikan normal lagi? Karna saya malu untuk beraktivas luar dengan rambut seperti ini, terimakasih dok

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

        1. dr. Vanny Bernadus

          Sementara anda bisa memakai topi atau mengikat rambut dulu.

          Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

Leave a Comment