Mengatasi Masalah Perut Bergas Secara Alami

DokterSehat.Com – Kadangkala perut kita merasa sangat tidak nyaman setelah kita makan. Perut akan terasa penuh dengan gas sehingga kita ingin buang gas atau kentut dengan berlebihan. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita terlalu sering kentut, maka proses pencernaan bisa jadi mengalami masalah atau kita mengkonsumsi makanan yang memang banyak menimbulkan gas di dalam perut. Mengingat masalah perut bergas ternyata bisa membuat perut kita menjadi sangat tidak nyaman, ada baiknya kita mengatasi masalah perut bergas ini dengan cara-cara alami seperti sebagai berikut.

doktersehat-lambung-sakit

Kita bisa memakai teh hangat untuk mengatasi masalah perut bergas. Teh hangat ternyata memiliki kemampuan untuk membuat perut bermasalah menjadi lebih tenang dan mereda. Gas di dalam perut bisa berangsur-angsur mereda dan kandungan asam di dalam lambung akan semakin ternetralisir jika kita meminum teh hangat. Pakar kesehatan menyarankan teh hangat yang dicampur dengan peppermint untuk mengatasi masalah perut bergas mengingat peppermint memiliki metanol yang mampu membuat gas berkurang dengan cepat. Hanya saja, jika kita tidak memiliki bahan peppermint,teh hangat yang dicampur jahe juga dianggap cukup efektif untuk mengatasi perut bergas.

Biji jinten ternyata bisa dijadikan obat alami mengatasi perut bergas. Biji jinten yang dikunyah akan membuat rasa perih di dalam perut menjadi lebih rendah. Andai kita tidak kuat mengunyah biji jinten karena rasanya yang aneh, kita bisa menyeduhnya dengan air panas dan kemudian diminum hingga perut kembali semakin nyaman.

Bahan alami lain yang bisa mengatasi masalah perut bergas adalah kulit jeruk dan daun salam. Campurkan kedua bahan ini dan kemudian rebuslah dalam air mendidih selama lima menit. Setelah itu, cobalah untuk menghirup aroma rebusan bahan alami ini setidaknya dua kali sehari dan perlahan-lahan, rasa tidak nyaman dalam perut pun akan segera mereda.