Mengatasi Masalah Kulit Terbakar yang Muncul Setelah Liburan

DokterSehat.Com – Libur akhir tahun adalah salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang karena pada saat inilah mereka bisa mengabiskan cuti di tempat kerja dan berlibur di berbagai tempat bersama dengan keluarga. Berlibur memang akan sangat menyenangkan dan bisa membuat kita menghilangkan stress. Sayangnya, pada saat berlibur ini kita juga akan cenderung lebih sering tersengat sinar matahari sehingga beresiko tinggi terkena masalah kulit terbakar. Apakah ada yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah kulit terbakar ini?

doktersehat-kulit-keriput-sinar-ultraviolet-kanker

Pakar kesehatan menyebutkan jika masalah kulit terbakar atau sunburn disebabkan karena kulit kita terpapar sinar matahari dalam waktu yang terlalu lama. Biasanya, masalah kulit terbakar ini akan menyebabkan sensasi perih pada kulit dan juga masalah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Mereka yang berlibur di pantai dan melakukan beberapa kegiatan layaknya berenang, snorkeling, atau bahkan berjemur bisa mengalami masalah kulit terbakar yang bahkan bisa sampai mengelupas. Beruntung, kita bisa dengan mudah mengatasinya dengan trik-trik berikut ini.

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk mengatasinya adalah dengan banyak mengkonsumsi minuman yang kaya akan elektrolit. Minuman ini diyakini akan dengan cepat mengembalikan vitalitas dalam tubuh dan akan membuat kulit kembali dalam kondisi normal. Selain itu, kita juga bisa menggunakan lidah buaya yang dioleskan pada kulit yang terasa perih untuk meredakan efek terbakar.

Untuk memastikan pemulihan kulit berlangsung dengan lancar, pakar kesehatan sangat tidak menyarankan kita untuk menggunakan scrub pada kulit yang masih terbakar. Jika kita lakukan, yang terjadi justru adalah kulit akan semakin mengering. Padahal, kulit yang terbakar sinar matahari sebenarnya sudah dalam kondisi yang sangat kering.

Baca Juga:  Jangan Lupa Bawa Benda Ini Jika Memutuskan Untuk Berlibur ke Pantai

Dengan melakukan hal ini, maka kulit yang terbakar pun akan segera pulih dan kita pun tidak akan mengalami sensasi perih pada kulit kita lagi setelah menghabiskan waktu untuk berlibur.