Mengatasi Masalah Jerawat

DokterSehat.com – Jerawat adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu kaum hawa. Hal ini dikarenakan jerawat akan langsung berpengaruh pada kecantikan seseorang. Bahkan, banyak gadis-gadis remaja yang bisa hingga begitu frustrasi karena masalah jerawat ini. Jerawat termasuk dalam penyakit kulit, dan terjadi akibat adanya peradangan pada folikel lemak pada pori-pori kulit.



Ada banyak sekali penyebab dari jerawat. Namun sebenarnya dapat diklasifikasikan dalam beberapa bagian, diantaranya adalah; meningkatnya kondisi stress, yang dapat memicu aktivitas kelenjar sebasea yang meningkatkan produksi sebum atau lemak. Kelenjare sebasea juga dapat meningkat aktivitasnya karena adanya peningkatan hormon androgen. Namun, yang terbiasa terjadi adalah adanya perubahan cara pelepasan folikel yang semula dapat keluar dengan mudah namun kemudian menjadi padat dan sulit lepas dari saluran folikel. Meningkatnya jumlah kuman pada folikel juga dapat berpengaruh, meskipun faktor lainnya seperti usia, ras, makanan, bahkan cuaca dapat mempengaruhi pertumbuhan jerawat.

Dikarenakan sangat mengganggu, banyak cara untuk menghindari jerawat agar tidak mudah muncul. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  • Mengendalikan jumlah lemak dan perubahan isi sebum, hal ini bisa dilakukan dengan mengatur pola makan dan juga melakukan perawatan kulit sehingga kulit pun senantiasa bersih dari kotoran yang dapat menyebabkan jerawat.
  • Menjaga hidup teratur dan sehat. Hal ini dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup, olahraga dengan teratur namun disesuaikan dengan kondisi tubuh.
  • Mengelola stress dengan baik.
  • Berhati-hati dalam memilih dan menggunakan kosmetik, menghindari polusi udara ataupun sinar matahari yang terlalu sering dan terlalu lama.
  • Menghindari minuman keras, rokok, dan lingkungan yang tidak sehat

Namun, salah satu tips yang penting namun jarang dilakukan adalah, menghindari pemencetan jerawat yang telah ada, dikarenakan justru akan memperberat kondisi jerawat tersebut.

Baca Juga:  Hati-hati, Suntik Vitamin C Dapat Sebabkan Kematian!

Silahkan mencoba dan dapatkan kulit bersih bebas jerawat.