Mengatasi Masalah Biang Keringat Yang Sangat Mengganggu

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu adalah biang keringat. Bagaimana tidak, kita bisa saja langsung merasa gatal-gatal di beberapa bagian tubuh jika sedang merasa panas atau berkeringat. Selain orang dewasa, anak kecil juga termasuk rentan mengalami biang keringat sehingga mereka bisa rewel seharian. Apakah sebenarnya penyebab dari biang keringat ini?

doktersehat-kulit-ruam-hiv-aids-alergi-rubella-kudis-skabies

Biasanya, biang keringat akan ditandai dengan adanya ruam-ruam kemerahan pada beberapa bagian kulit dan menyebabkan gatal-gatal dan bahkan sangat menusuk. Kondisi ini disebabkan oleh tersumbatnya saluran keringat di bawah lapisan kulit sehingga keringat pun akan menjadi berkumpul pada sebagian kulit. Biasanya, tersumbatnya saluran keringat ini disebabkan oleh bakteri staphylococcus epidermis yang memang hidup pada permukaan kulit manusia. Keringat yang semakin bertumpuk ini akan menyebabkan ruam-ruam dan iritasi pada kulit, khususnya jika suhu udara mulai menghangat atau kondisi kulit terasa lembab. Biang keringat seringkali akan muncul di area leher, wajah, dada, punggung, atau bahkan paha.

Anak-anak memiliki resiko besar mendapatkan masalah biang keringat mengingat kelenjar keringatnya masih belum terbentuk sempurna. Selain itu, beberapa orang lain yang cenderung memiliki berat badan berlebihan dan cukup lama beristirahat di atas kasur karena kondisi sakit juga beresiko tinggi terkena masalah biang keringat. Selain itu, beberapa orang juga mengakui suhu udara atau suhu ruangan yang panas bisa dengan mudah memicu masalah kulit ini.

Untuk mengatasi masalah biang keringat yang sangat mengganggu, kita bisa memakai semacam pelembab kulit yang biasanya berbentuk krim yang mengandung hidrokortison atau kalamin yang akan membuat ruam-ruam menjadi lebih reda. Selain itu, krim yang mengandung anhydrous Ianolin juga dapat mengatasi penyumbatan pada kelenjar keringat. Sementara itu, untuk mencegah munculnya biang keringat, ada baiknya kita memakai bahan pakaian katun yang cenderung longgar dan mudah menyerap keringat. Hindari bahan pakaian yang panas layaknya dari polyester atau bahan nilon. Selain itu, cobalah untuk menjaga suhu ruangan tetap dingin dan sejuk. Kita juga bisa mencegah biang keringat dengan cara menjaga kebersihan tubuh dengan mandi sehingga tidak akan terlalu banyak bakteri yang ada pada kulit.