Mengatasi Lidah Terbakar Karena Makanan Panas

DokterSehat.Com – Makanan panas apalagi yang ditambah dengan rasa yang cenderung pedas tentu akan mengundang selera makan kita. Kita bisa membayangkan beberapa makanan panas layaknya bakso di depan mata yang akan sangat nikmat dan segar untuk dikonsumsi. Sayangnya, kadangkala kita tidak terlalu sabar untuk menyantap makanan panas ini dan pada akhirnya justru membuat lidah kita terbakar. Jika hal ini terjadi, bisa jadi lidah kita akan menjadi kebas dan selera makan kita justru menghilang. Apakah ada cara mengatasi lidah terbakar karena makanan yang panas?

doktersehat-ibu-hami-infeksi-gigi-bayi-lahir-prematur-sariawan

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengkonsumsi air dingin. Memang, air dingin dan makanan panas adalah kombinasi yang sangat buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Namun, jika lidah kita terbakar, cobalah tunggu beberapa saat dan minumlah air dingin. Suhu dingin dari air ini akan membuat sensasi terbakar pada lidah yang disertai dengan rasa nyeri akan berangsur-angsur menghilang. Selain air dingin, kita juga bisa memakai madu yang dioleskan pada lidah yang mengalami sensasi terbakar karena mengkonsumsi makanan panas. Madu akan dengan efektif membuat lidah menjadi dingin dan mengurangi rasa sakit pada lidah. Selain itu, madu juga dipercaya bisa mencegah munculnya peradangan atau infeksi menjadi lebih parah.

Beberapa bahan alami layaknya bunga lavender atau lidah buaya juga diyakini bisa mengatasi lidah terbakar karena makanan yang panas. Jus lidah buaya nan dingin dan segar bisa diminum untuk mengatasi sensasi terbakar pada lidah. Selain itu, bunga lavender yang telah diolah menjadi minyak lavender bisa dioleskan pada lidah yang terbakar. Minyak lavender ini memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membuat lidah terbakar menjadi mereda dengan sangat efektif.

Baca Juga:  Benarkah Sperma Dapat Digunakan Sebagai Masker Kecantikan?

Bahan terakhir yang bisa kita pakai untuk mengatasi lidah terbakar karena makanan panas adalah baking soda. Hanya saja ingatlah bahwa kita hanya boleh mengoleskan bahan ini ke lidah yang terbakar namun tidak boleh menelannya. Baking soda dengan efektif membuat kadar pH pada lidah menjadi seimbang kembali sehingga sensasi panas pun berangsur menghilang.