Mengatasi Kram Kaki Saat Hamil

DokterSehat.Com – Dikarenakan adanya perubahan hormon dan bentuk fisik yang sangat signfiikan, khususnya apda trimester kedua dan ketiga, ibu hamil akan cenderung beresiko mengalami masalah kesehatan berupa seringnya kram muncul pada kaki. Kram pada kaki sendiri bisa membuat aktifitas ibu hamil terganggu jika muncul di siang hari, namun juga bisa memicu gangguan tidur jika muncul pada malam hari. Kram ini sendiri akan muncul karena kaki mengalami kelelahan menopang semakin beratnya beban ibu hamil yang cenderung memiliki perut dan berat badan yang lebih besar seiring dengan waktu. Perut yang membesar sendiri akan membuat pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju jantung serta saraf-saraf di sekitarnya akan ikut tertekan sehingga membuat kram pada kaki mudah terjadi.

doktersehat-senam-ibu-hamil-yoga-mencegah-wasir

Untuk mencegah munculnya kram kaki di masa kehamilan, ibu hamil sebaiknya tidak berdiri dalam waktu yang lama, apalagi jika menyilangkan kakinya. Hal ini ternyata bisa memicu kram pada kaki dengan mudah. Sementara itu, untuk mengatasi kram kaki, ibu hamil setidaknya rajin-rajin melakukan peregangan kaki secara teratur pada siang dan malam hari, khususnya sebelum tidur. Selain itu, ibu hamil sebaiknya juga mulai mengurangi aktifitas yang bisa membuatnya mudah lelah.

Selain itu, ibu hamil sangat disarankan melakukan olahraga ringan layaknya berjalan kaki dan mulai mandi dengan air hangat yang bisa membuat otot-otot kaki menjadi lebih rileks sehingga kram kaki pun akan lebih mudah diatasi. Jika diperlukan, ibu hamil juga mulai mengkonsumsi suplemen magnesium meskipun sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sehingga bisa mendapatkan solusi terbaik mengatasi kram pada kaki. Satu hal yang pasti, jika kram pada kaki ini disertai dengan pembengkakan atau rasa nyeri yang hebat, maka ibu hamil harus segera melaporkan kondisi ini ke dokter untuk menghindari masalah penggumpalan darah di kaki.