Mengatasi Konstipasi Dengan Cara Alami

DokterSehat.Com – Seiring dengan semakin memburuknya gaya hidup masyarakat, khususnya dalam melakukan pola makan yang tidak sehat, maka kita pun cenderung semakin mudah mengalami sembelit atau konstipasi. Padahal, konstipasi akan membuat badan kita sangat tidak nyaman mengingat adanya kotoran di dalam tubuh yang tidak bisa dikeluarkan. Banyak dari kita yang pada akhirnya memakai obat pencahar untuk mengatasi masalah ini. Sayangnya, obat ini tentu akan memberikan dampak kesehatan bagi tubuh. Beruntung kita ternyata bisa melakukan cara alami untuk mengatasi konstipasi seperti sebagai berikut.

doktersehat-pria-toile-kamar-mandi-wasir-ambeien-konstipasi

Minum Air Putih
Banyak orang yang menyepelekan manfaat minum air putih setidaknya delapan gelas per hari. Padahal, cara ini bisa dengan efektif membuat kita terbebas dari masalah dehidrasi sekaligus membuat buang air besar menjadi lebih lancar. Cobalah untuk memenuhi asupan air putih setiap hari jika kita mengalami konstipasi.

Olahraga yang Cukup
Kesibukan dunia kerja dianggap sebagai penghalang utama untuk melakukan olahraga. Padahal, andai kita rutin melakukan aktivitas fisik, kita bisa terbebas dari masalah kesehatan layaknya konstipasi ini. Lakukan olahraga setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu selama 30 menit. Tak hanya membuat tubuh menjadi semakin bugar, masalah konstipasi juga tidak akan datang kembali.

Mengkonsumsi Serat
Kita cenderung hanya menyukai makanan yang enak dan melupakan makanan sehat dan kaya serat karena memang rasanya biasa saja. Padahal, jika kita melupakan makanan berserat sebagai asupan sehari-hari, tentu kita akan mengalami konstipasi yang sangat parah. Dengan rutin mengkonsumsi makanan kaya serat layaknya di sayuran hijau, maka kotoran kita pun akan melunak dan membuat proses buang air besar menjadi lancar kembali.

Rutin Buang Air Besar
Kebiasaan buang air besar juga harus dilakukan setiap hari. Biasanya, jika kita terbiasa buang air besar pada suatu waktu, tubuh akan mengingatnya dan pada jam sekitar waktu tersebut, kita akan memiliki keinginan untuk buang air. Jangan pernah menunda buang air besar karena akan membuat kotoran semakin menumpuk dan mengeras sehingga akan sulit dikeluarkan.