Mengatasi Komedo di Wajah

DokterSehat.com – Kaum wanita terkenal sebagai mahluk yang sangat menjaga kebersihan, baik itu kebersihan diri sendiri, kebersihan rumah, maupun kebersihan lingkungan. Sifat alami yang ingin selalu menjaga kebersihan dapat dilihat dari banyaknya jenis produk kebersihan khusus wanita yang ada di pasaran. Salah satu bagian tubuh wanita yang begitu dijaga kesehatannya adalah bagian wajah. Kaum hawa begitu ingin wajahnya selalu tampak cerah, ceria, tanpa ada noda sedikitpun yang mengganggu. Gangguan yang ada di wajah pun begitu beragam, dari yang namanya flek hitam, jerawat, dan juga komedo.

19

Untuk sekarang, kita akan membahas tentang komedo, apakah sebenarnya komedo itu? Komedo sendiri adalah suatu kondisi dimana kotoran menyumbat pori-pori kulit. Kotoran ini biasanya meskipun berukuran kecil, dan terkadang berwarna hitam ataupun putih, sangatlah menganggu penampilan. Komedo itu sendiri dapat terjadi karena adanya sel kulit yang mati ataupun adanya penumpukan minyak wajah yang berlebih. Keadaan tersebut dapat disebabkan karena berbagai hal seperti; kulit wajah yang kurang terjaga kebersihannya, adanya sekresi yang berlebihan, kulit wajah yang terkena polusi, kelembaban udara, atau bahkan udara panas, namun ada juga yang disebabkan karena adanya make-up yang menyumbat pori-pori kulit.

Komedo dapat mengganggu penampilan wajah kaum hawa, sehingga diperlukan berbagai cara untuk mengatasinya, yakni:

–          Jika anda adalah kaum wanita yang suka memakai make up, ada baiknya anda rajin membersihkan wajah anda dari kotoran dan make up pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Pembersih wajah yang mengandung ekstrak pinang dapat membantu kulit wajah untuk tetap lembab, cerah, lembut, dan juga tetap elastic.

–          Selain dibersihkan dengan pembersih wajah, anda juga harus tetap rajin mencuci wajah dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit, apakah kulit normal, kulit kering, ataukah kulit berminyak.

Baca Juga:  Neuralgia Trigeminal Menyebabkan Sering Nyeri di Wajah

–          Selain itu, untuk mengecilkan pori-pori, anda bisa menggunakan penyegar wajah dengan ekstrak pinang yang juga dpat menambah kelembutan dan kelembaban kulit.

–          Untuk perlindungan dari sinar UV matahari, pelembab wajah juga dapat digunakan bagi kulit wajah anda, Pelembab yang baik adalah yang bebas minyak.

Selamat mencoba