Mengatasi Kemerahan pada Wajah Tanpa Susah

doktersehat-mengatasi-kemerahan-pada-wajah
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bercak merah pada kulit wajah adalah tanda bahwa kulit Anda sedang bermasalah. Kemerahan pada kulit wajah juga bisa merupakan indikasi peradangan, menimbulkan rasa gatal, terbakar dan perih. Salah satu penyebabnya adalah keadaan kulit yang sangat kering, terbakar sinar matahari, serta beberapa alasan penyakit kulit yang butuh penanganan serius. Dilansir dari Top 10 Home Remedies, cara alami yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemerahan pada wajah. Berikut ulasannya!

1. Kompres dengan Es

Untuk mengatasi masalah kemerahan ringan pada wajah, hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah mengompresnya dengan es. Menurut Top 10 Home Remedies, suhu dingin dapat membantu mengontraksi pembuluh darah yang ada di bawah kulit yang dapat meminimalkan kemerahan pada wajah. Suhu dingin juga dapat mengurangi rasa gatal serta peradangan.

Gosok wajah Anda menggunakan es batu yang sudah lebih dulu dibungkus menggunakan handuk kecil. Kompres perlahan selama kurang lebih satu menit. Ingat! Jangan langsung kenakan es pada kulit yang sedang merah, karena hal tersebut bisa menyebabkan radang dan merusak sel kulit.

2. Lidah Buaya

Kemerahan pada kulit wajah sebab masalah yang ringan bisa juga diatasi oleh lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi iritasi, peradangan dan kulit kering yang dapat membuat kulit menjadi kemerahan. Cara mengaplikasikannya cukup sederhana. Oleskan gel lidah buaya pada kulit wajah Anda yang bermasalah, biarkan mengering lalu bilas dengan air hangat dan keringkan. Ulangi sampai kulit kembali baik.

3. Mentimun

Mentimun mengandung banyak air yang dapat membantu menghidrasi kulit agar tetap lembap. Mentimun juga kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, timun memiliki sifat astrigen ringan yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit dengan membatasi pembuluh darah. Bukan hanya itu, mentimun juga bersifat dingin yang mampu mendinginkan peradangan pada kulit, meringankan iritasi dan bengkak.

Cara memanfaatkannya sangat mudah. Anda cukup iris tipis beberapa buah timun, lalu simpan di dalam kulkas. Biarkan dingin baru Anda bisa menempelkan potongan-potongan timun tersebut ke seluruh permukaan wajah. Diamkan 1 menit dan ganti irisan timun bila tidak lagi terasa dingin. Lakukan hal ini 10-15 menit setiap hari, dan rasakan manfaatnya.

Mengatasi kemerahan pada kulit wajah sebab masalah yang ringan, bisa Anda coba dengan resep-resep yang kami pilihkan. Jangan lupa lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik