Mengatasi Kecemasan Ayah Jelang Persalinan

doktersehat-keluarga-hamil-kehamilan

DokterSehat.Com– Semakin mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir) tentu perasaan Anda dan pasangan semakin mendebarkan. Mempersiapkan persalinan butuh persiapan fisik dan mental yang baik dari orang tua. Bagi ibu yang akan melahirkan dengan operasi caesar tentu akan lebih mudah melakukan beberapa persiapan sebelumnya. Namun jika akan menjalani persalinan normal, baik ayah dan ibu harus sama-sama siaga akan tanda-tanda kelahiran. Biasanya hal ini dapat membuat ibu gelisah dan panik. Namun ternyata kecemasan ini juga dapat dirasakan oleh ayah. Apa yang harus dilakukan saat ayah ikut cemas mendekati tanggal persalinan?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ayah untuk mengurangi kecemasan jelang tanggal persalinan. Beberapa di antaranya adalah:

Rutin menemani kontrol ke dokter

Mendekati HPL biasanya dokter menyarankan untuk sering memeriksakan kehamilan untuk memantau kondisi janin apakah sudah siap untuk dilahirkan atau belum. Saat periksa ke dokter sebaiknya ayah ikut menemani istri agar tahu bagaimana kondisi ibu dan janin. Dengan begitu, ayah akan lebih siap untuk menghadapi persalinan bersama ibu.

Menjaga stamina dan berolahraga

Mengonsumsi makanan sehat dapat membuat ayah merasa lebih segar dan melupakan kecemasannya. Dengan stamina yang lebih baik, ayah akan lebih tenang saat harus mendampingi ibu melahirkan nanti.

Membangun komunikasi yang baik

Jika pasangan Anda tipe orang yang jarang bicara, sebaiknya ajak bicara pelan-pelan agar mau mengungkapkan kecemasannya. Dengan mengetahui apa yang ia cemaskan, Anda akan lebih mudah untuk membuatnya lebih tenang.

Ikut kelas persiapan kelahiran

Saat ini banyak rumah sakit atau klinik bersalin yang menyediakan kelas persiapan kelahiran bagi calon ayah dan ibu. Ajak pasangan Anda untuk mengikuti kelas ini agar mendapat gambaran bagaimana kehamilan dan proses melahirkan yang akan dialami, serta berbagai cara perawatan bayi dan ibu setelah melahirkan. Ingat bahwa setelah melahirkan nanti bukan hanya bayi Anda saja yang butuh perawatan khusus namun juga Anda sebagai ibunya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik