Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

DokterSehat.Com – Jerawat adalah masalah pada kulit yang sangat tidak diinginkan oleh siapapun. Disamping bisa membuat tampilan wajah seseorang menjadi tidak maksimal, jerawat juga bisa memberikan rasa tidak nyaman dan sakit jika tersentuh. Tahukah anda, selain bisa muncul pada kulit kepala, jerawat juga bisa muncul pada kulit kepala dan terkadang bisa memberikan rasa gatal, ketombe, dan rasa tidak nyaman di balik rambut. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul pada kulit kepala?

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Pakar kesehatan menyebutkan jika jerawat pada kulit kepala bisa disebabkan oleh beberapa hal, dari stress, atau bahkan kondisi rambut yang cenderung kotor. Saat kita mengalami stress, otak akan memproduksi hormon dengan tidak normal sehingga memicu jerawat pada kulit kepala. Selain itu, jika rambut atau kepala kita sering terpapar polusi atau cenderung terlalu lembab karena banyak memakai helm atau topi, maka jerawat pun berpotensi muncul pada kulit kepala.

Untuk mengatasi jerawat pada kulit kepala, kita bisa menggunakan beberapa bahan alami yang mudah untuk kita temui. Sebagai contoh, kita bisa memakai tetesan lidah buaya untuk menghilangkan bentol-bentol kemerahan dan juga rasa gatal pada kulit kepala dengan cepat. Selain itu, jus tomat juga bisa kita digunakan untuk menghilangkan jerawat pada kulit kepala. Cukup oleskan jus tomat pada kulit kepala yang terkena jerawat dan kemudian diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan air dengan bersih.

Cuka ternyata jika bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat pada kulit kepala. Kandungan cuka yang disebut sebagai asam malat ternyata mampu mengatasi jumlah minyak yang berlebihan dalam kulit kepala yang bisa meimcu jerawat. Cuka juga secara efektif menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala dan mengusir bakteri dan kotoran yang menyumbat pori-pori pada kulit kepala.

Baca Juga:  Tips Mengurangi Keriput Mata Yang Efektif

Bahan terakhir yang bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat pada kulit kepala dalah tanaman herbal yang disebut sebagai hulbah, halba, dan juga fenugreek. Fenugreek sendiri memiliki kemampuan anti inflamasi yang bisa menghilangkan jerawat, komedo, hingga menyembuhkan penyakit perut, demam, hingga batuk.