Cara Merawat dan Mengatasi Gigi Sensitif

DokterSehat.Com – Kebanyakan orang berpikir jika masalah gigi yang paling mengganggu adalah masalah gigi berlubang atau gigi goyang yang bisa memberikan rasa sakit. Sebenarnya ada satu buah masalah gigi yang juga bisa memberikan rasa nyeri yang sangat menyiksa meskipun gigi terlihat seperti dalam kondisi yang baik. Masalah tersebut adalah gigi sensitif. Gigi sensitif bisa saja tiba-tiba memberikan rasa ngilu yang sangat hebat saat sedang memakan makanan sehingga selera makan kita bisa seketika itu hilang. Kita tentu tidak ingin bukan masalah gigi sensitif ini berlarut-larut tanpa dirawat dengan benar? Apa sajakah trik yang bisa kita lakukan untuk merawat gigi sensitif?

doktersehat-sakit-gigi

Sebagaimana namanya yang disebut gigi sensitif, kita tentu harus merawat gigi dengan hati-hati, khususnya saat menyikat gigi sensitif. Gigi sensitif haruslah disikat dengan bulu sikat yang lembut sehingga rasa ngilu pun bisa berkurang. Seringkali kita salah dalam menyikat gigi dengan menggosoknya terlampau keras dan membuat gigi menjadi mudah ngilu. Saat menyikat gigi, usahakan sikat gigi digosokkan ke permukaan gigi dengan cara berputar dan dengan tidak memberikan tekanan yang dapat menyebabkan rasa ngilu. Disamping sikat gigi dan cara menyikat yang pas, jangan lupakan pasta gigi yang dipakai sebaiknya yang memang sudah dibuat khusus untuk merawat gigi sensitif.

Gigi sensitif juga harus dijaga agar tidak dipakai untuk beberapa kebiasan buruk. Sebagai contoh, banyak orang yang menggigit apa saja meskipun benda yang digigit terlampau keras untuk gigi. Kebiasaan menggertak gigi secara berulang dengan tempo yang lama juga bisa menyebabkan rasa ngilu pada gigi sensitif. Kurangi pula asupan minuman berseda yang cenderung asam dan membuat email gigi menjadi mudah keropos. Hindari pula minuman yang cenderung sangat panas atau sangat dingin agar gigi tidak mudah terasa ngilu.

Baca Juga:  Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Depresi

Gigi ngilu bisa disebabkan oleh kurangnya produksi air liur di dalam mulut. Kita bisa mengkonsumsi buah apel yang diyakini mampu membuat prosuksi air liur bertambah dan rasa ngilu pun bisa berkurang dengan signifikan. Jika kondisi gigi ngilu ini masih belum berkurang, ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter gigi sehingga bisa diberikan perawatan dan penanganan yang tepat.