Mengatasi Diare Pada Anak Dibawah 1 Tahun

DokterSehat.Com – Diare merupakan penyakit yang mengganggu sistem pencernaan karena adanya bakteri jahat di dalamnya. Meskipun tidak terlalu berbahaya, pastikan Anda tidak meremehkan sakit yang satu ini. Jika tidak segera diobati dan diatasi, diare bisa memicu dehidrasi pada tubuh. Bahkan hal ini bisa membuat seseorang meninggal dunia. Diare akan menyerang siapa saja. Bisa orang dewasa, anak-anak bahkan bayi.



Berikut ini cara alami untuk mengatasi diare :

  • Istirahat
    Pastikan buah hati Anda memiliki istirahat yang cukup. Tidurkan di tempat yang tenang dan nyaman. Istirahat yang cukup bisa membantu si kecil cepat pulih dan sembuh dari diarenya.
  • Oralit
    Pastikan untuk tidak memberi bayi Anda air putih saat ia diare. Berilah ia asi yang cukup dan sesekali larutan oralit. Larutan oralit bisa Bunda beli di apotek, tetapi juga bisa dibuat sendiri di rumah. Campurkan satu sendok gula dan setengah sendok garam lalu larutkan dalam satu gelas air. Berikan pada bayi Anda sedikit demi sedikit. Pastikan memberikan larutan oralit secukupnya pada buah hati Anda.
  • Makanan
    Bunda harus menjaga pola makan dan asupan gizi yang dimakan. Hindari makanan asam, pedas dan makanan lain yang memicu diare lebih parah pada buah hati Anda. Makanan yang Bunda makan sangat berpengaruh terhadap kualitas asi.
  • Asi
    Berikan asi kepada buah hati Anda setidaknya dalam 10 menit sekali saat ia terbangun. Hal ini bisa membantu bayi tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi akibat diare. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan payudara Anda agar diare pada bayi tidak bertambah parah. Jika bayi Anda minum asi melalui botol susu, pastikan botol tersebut bersih dan sehat.
Baca Juga:  Berapa Lama Waktu Untuk Pasangan Mulai Bercinta?

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi diare pada bayi. Jika dalam dua sampai 3 hari bayi belum sembuh dari diare. Jangan segan membawanya ke dokter atau rumah sakit terdekat.