4 Cara Mudah untuk Mengatasi Depresi

doktersehat-stres-lelah

DokterSehat.Com– Depresi adalah sebuah hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Depresi sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya faktor ekonomi, faktor asmara, dan faktor keluarga. Namun, sebagai orang yang bijak, sudah seharusnya Anda bisa mengelola depresi dan tidak terlalu beralut-larut di dalamnya. Sebab, depresi sangat tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Namun, walau sangat buruk efeknya, banyak orang yang masih merasa susah dalam mengatasi depresi. Pasalnya, depresi bisa muncul kapanpun, terlebih lagi jika masalah terus-menerus datang. Untuk itu, doktersehat.com akan memberikan Anda beberapa tips sederhana dan mudah untuk mengatasi depresi, sebagai berikut:

1. Yoga

Jika Anda merasa sangat depresi, maka Anda perlu merileksasikan diri dan otak. Salah satu caranya adalah dengan yoga. Sebab, yoga adalah jenis olahraga yang bermanfaat bagi otak dan fisik Anda. Dalam yoga, terdapat sebuah metode meditasi yang fungsinya memfokuskan pikiran pada satu titik tertentu sehingga bisa meminimalkan depresi yang mengganggu Anda.

2. Mendengarkan Musik

Cara mengelola depresi selanjutnya adalah mendengarkan musik. Sebab, musik bisa menstimulus otak untuk mengirimkan produksi hormon bahagia. Namun, jangan salah dalam memilih lagu. Jangan pernah memilih lagu sedih, sebab akan menambah depresi pada diri Anda. Pilihlah lagu dengan nada atau irama yang menenangkan dan bisa meningkatkan mood.

3. Konsumsi Ikan

Memang terkesan aneh, tapi tak ada salahnya Anda mencoba cara ini. Sebab, dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of General Psychiatry, menemukan hasil bahwa ikan bisa mengurangi kecemasan seseorang sampai 50 persen. Disarankan pula mengonsumsi ikan yang kaya akan omega 3, seperti tuna dan salmon.

4. Berolahraga

Cara lain dalam mengatasi depresi adalah dengan menyibukkan diri untuk hal bermanfaat, seperti olahraga. Dengan berolahraga secara rutin, dipercaya bisa meminimalkan depresi yang sedang melanda. Usahakan untuk berolahraga ringan, seperti jalan, lari, atau bersepeda. Jika ingin hasil yang lebih baik, ajak kawan untuk berolahraga bersama.