Mengatasi Depresi Akibat Susahnya Mencari Pekerjaan, Kemensos Siapkan 3 Panti Psikotik

DokterSehat.Com – Setelah musim lebaran selesai, pemerintah di kota-kota besar layaknya Jakarta pun bersiap untuk mendapatkan tambahan jumlah penduduk yang ingin mengadu nasib di kota besar. Memang, kota besar memberikan tawaran yang sangat menarik bagi mereka yang ingin mengubah peruntungannya. Namun, karena jumlah lapangan pekerjaan di kota besar yang terbatas, tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan dan pada akhirnya terkena depresi. Melihat adanya kemungkinan ini, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pun mengungkapkan jika Kementerian Sosial akan membuka Panti Psikotik untuk mengatasi masalah depresi yang menimpa mereka yang kesusahan mencari pekerjaan.

doktersehat-tips-sebelum-pergi-ke-daerah-wabah-penyakit

Di sela-sela kunjungan Sang Menteri di Surabaya, Khofifah mengungkapkan jika ada banyak orang yang kecewa dan depresi berat karena tidak mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi kerasnya kehidupan di kota besar. Beliau menuturkan jika demi mengatasi depresi ini, Kementerian Sosial telah menyiapkan tiga panti psikotik di Ibukota Jakarta, tempat dimana jutaan orang merantau mencari penghidupan, yang diyakini mampu menampung 1.000 pasien depresi yang ingin sembuh kembali.

Khofifah juga berpesan bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan atau kota-kota kecil untuk tidak mudah tergiur merantau ke kota besar, apalagi jika tidak membekali diri dengan keterampilan khusus yang bisa membuat mereka bersaing mendapatkan lapangan kerja yang sangat kompetitif. Selain pendididikan di sekolah umum, Pemerintah Daerah juga telah menyediakan semacam pelatihan kejuruan dan kursus singkat yang bisa dimaksimalkan sebagai bekal seandainya mereka mau merantau.

Hanya saja, dengan adanya anggaran program desa yang telah diluncurkan pemerintah dimana setiap desa mendapatkan dana lebih dari satu milyar untuk mengelola desanya agar lebih baik, ada baiknya masyarakat kini mau mengembangkan area asalnya agar menjadi lebih maju alih-alih harus merantau ke kota besar yang belum tentu memberikan hasil yang positif.