Mengatasi Demam Pada Anak di Musim Hujan

DokterSehat.Com – Pada saat musim hujan, kesehatan anak harus dipantau ketat oleh orangtua. Banyak virus dan bakteri yang sering menyerang di musim hujan. Penyakit yang sudah menjadi langganan di musim hujan adalah pilek, batuk dan flu. Dan tidak jarang demam ringan hingga demam berbahaya dapat menyerang Anda juga keluarga.



Usia anak-anak adalah usia yang rentan terhadap segala penyakit, salah satunya adalah demam. Tidak jarang orangtua mengalami kekhawatiran saat anak demam tinggi di musim hujan. Ketika anak mengalami demam tinggi, disarankan Anda untuk melakukan hal ini :

  • Kebersihan makanan dan tubuh
    Kebersihan makanan dan tubuh sangat perlu dijaga di musim hujan. Saat anak demam pastikan memberikan makanan yang bernutrisi dan pastinya bersih. Meskipun dalam keadaan demam anak juga harus dijaga kebersihan tubuhnya. Tidak perlu mandi untuk menjaga kebersihannya, cukup dengan mengelap tubuh anak menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat.
  • Pakaian
    Pastikan anak memakai pakaian yang hangat di musim hujan apalagi saat tidak enak badan. Dingin karena hawa musim hujan atau pendingin ruangan, bisa jadi merupakan pemicu kekebalan tubuh anak berkurang sehingga ia mengalami demam.
  • Panggil dokter anak
    Ketika anak mengalami panas tinggi dalam kurun waktu lebih dari 24 jam, jangan ragu untuk memanggil dokter anak. Dokter anak dapat memeriksa anak dan memberikan resep untuknya.
  • Pastikan anak minum cukup
    Demam pada tubuh seseorang dapat mempengaruhi cairan dalam diri anak. Usahakan agar anak bersedia minum cukup di saat dirinya demam. Dengan minum air yang cukup, sirkulasi cairan dalam tubuh dan bakteri penyebab panas dapat ikut terbuang bersama keringat ataupun urin.
  • Kompres dahi anak
    Bagi sebagian orang, mengompres adalah hal sepele. Namun jangan salah, mengompres dahi anak adalah pertolongan pertama yang perlu dilakukan untuk menurunkan suhu demam anak. Gunakanlah air dingin untuk mengompres anak.
  • Cari tahu suhu anak
    Cari tahu suhu anak dengan tenang menggunakan termometer. Pastikan Anda mengambil suhu yang benar di tempat yang benar pula. Tempat yang paling bagus untuk mengetahui suhu tubuh anak adalah mulut, ketiak dan lipatan siku tangan. Ketika Anda telah mengetahui suhunya, maka Anda dapat memutuskan pertolongan pertama pada anak.