Mengatasi Bekas Jerawat Yang Parah dan Berlubang

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika jerawat adalah masalah kesehatan kulit yang hanya akan terjadi pada usia remaja saja. Padahal, jika kita tidak merawat kulit wajah dengan benar atau kerap terkena stress, jerawat bisa saja muncul di wajah dan bisa mengganggun penampilan dan kepercayaan diri. Kadangkala kita begitu jengah dengan jerawat dan pada akhirnya memencetnya dengan harapan bisa segera menghilangkan jerawat. Sayangnya, cara ini justru beresiko membuat masalah baru dimana bekas jerawat akan meninggalkan lubang pada wajah. Apakah ada cara untuk menangani hal ini?

doktersehat-wanita-muka-wajah-cantik-make-up-aspirin-bersihkan-wajah

Bekas jerawat yang meninggalkan lubang pada wajah tentu akan membuat penampilan wajah kita tak lagi cantik. Kulit yang cekung karena bekas jerawat ini biasanya terjadi karena hilangnya lapisan kolagen yang menopang permukaan kulit kita. Pakar kesehatan kulit dr. Nanang Masrani dari Gloskin Aesthetic Clinic Jakarta menyebutkan jika untuk mengatasi masalah bekas jerawat yang sangat parah dan meninggalkan lubang pada wajah, ada baiknya kita melakukan perawatan wajah yang disebut sebagai Platelet Rich Plasma atau PRP yang bisa merangsang produksi kolagen kembali pada wajah.

Dr. Nanang menjelaskan proses perawatan wajah PRP sebagai proses dimana darah pasien diambil dan dijadikan obat bagi masalah kesehatan kulit ini. Darah tersebut akan diproses oleh sebuah mesin khusus yang akan membuat plasma terpisah dari sel darah merah yang tak lagi dipakai untuk kebutuhan perawatan wajah. Plasma ini sendiri akan memiliki faktor pertumbuhan yang bisa segera diberikan pada kulit agar kulit kembali terangsang untuk melakukan regenerasi kolagen.

Idealnya, produksi kolagen pada kulit wajah yang berlubang karena jerawat bisa segera terjadi dan kulit pun kembali sehat dan cantik seperti sedia kala. Namun, hasil dari perawatan ini sendiri tergantung dari kondisi tubuh setiap orang. Beberapa orang tercatat bisa mendapatkan hasil optimal dalam sekali perawatan, namun, banyak pula yang harus melakukan beberapa kali perawatan agar mendapatkan hasil yang diinginkan.